Yogyakarta

Festival Purbakala Pertama di Indonesia Siap Digelar

Masyarakat Pecinta Purbakala akan menggelar Festival Purbakala 2019 di Museum Sonobudoyo Yogyakarta pada 14-19 Juni 2019.

Festival Purbakala Pertama di Indonesia Siap Digelar
istimewa
Panitia festival purbakala saat menggelar jumpa pers di pendopo Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Noristera Pawestri

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Masyarakat Pecinta Purbakala akan menggelar Festival Purbakala 2019 yang berlangsung di Museum Sonobudoyo Yogyakarta pada 14-19 Juni 2019.

Festival yang diselenggarakan dalam memperingati Hari Purbakala ke-106 yang jatuh pada 14 Juni 2019 ini diselenggarakan atas kerjasama Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta, Balai Penyelamatan Cagar Budaya (BPCB) DIY, Watu Karta institute, Yayasan Purba Mileniakala, Koseta, Inruka dan Rumah Garuda.

5 Inspirasi Gaya Lebaran Ala Yaseera yang Bakal Bikin Penampilanmu Tetap Kece

Rencananya Festival Purbakala 2019 ini akan dibuka oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X pada Jumat (14/6/2019) besok pukul 15.00 WIB yang kemudian dilanjutkan dengan acara sarasehan kebudayaan.

Ketua Panitia Festival Purbakala 2019, Sigit Sugito mengatakan, Festival Purbakala ini untuk pertama kalinya digelar di Indonesia.

"Memperingati Hari Purbakala merupakan suatu ikhtiar bersama untuk mengingatkan kembali kepada kita semua dan juga memberi rasa kepercayaan diri pada generasi-generasi penerus bahwa sesungguhnya negeri ini dibangun dengan sistem kebudayaan yang melingkupi berbagai hal," ujarnya pada Kamis (13/6/2019).

Lanjutnya, festival ini diharapkan mampu memberikan spirit kepada generasi bangsa, bahwa di balik peninggalan masa lalu yang disebut purba, terdapat benang merah yang saling bertautan antara masa lalu, hari ini dan masa yang akan datang.

Sebagai Kota Budaya, Yogyakarta memiliki ribuan benda kuno, baik yang berupa bangunan ataupun naskah yang tercetak.

"Dalam catatan yang berbentuk naskah ataupun bangunan masa lalu kita bisa melihat, betapa pada masa itu masyarakat Yogyakarta telah memiliki peradaban yang sangat tinggi baik dalam tata kelola pemerintahan maupun dalam kehidupan sosial," kata dia.

Dari informasi yang diterima Tribunjogja.com, mengusung tagline 'Heritage Festival Purba Mileniakala, Membaca Masa Lalu, Melakoni Masa Kini, Menata Masa Depan', festival ini selain diisi dengan berbagai benda-benda cagar budaya juga diisi dengan berbagai kegiatan.

Selama enam hari, festival ini akan menyuguhkan kegiatan dalam tema Diskusi Purba, Sastra Purba, Pertunjukan Festival Purbakala, dan Malam Purba Mileniakala. (*)

Penulis: Noristera Pawestri
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved