Yogyakarta

Arus Mudik 2019, Jumlah Penumpang di Bandara Adisutjipto Meningkat 73%

Puncak arus mudik di Bandara Internasional Adisutjipto terjadi pada H-4 lebaran yang mencapai 23.734 penumpang.

Arus Mudik 2019, Jumlah Penumpang di Bandara Adisutjipto Meningkat 73%
TRIBUNJOGJA.COM / Siti Umaiyah
pembubaran posko lebaran yang diadakan di Lapangan Sepak Bola PT Angkasa Pura I, Bandara Internasional Adisutjipto pada Kamis (13/6/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM - Pada arus mudik 2019, jumlah penumpang di Bandara Internasional Adisutjipto mengalami lonjakan sebesar 73% dibandingkan dengan peak day.

General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Adisutjipto, Agus Pandu Purnama menjelaskan puncak arus mudik di Bandara Internasional Adisutjipto terjadi pada H-4 lebaran yang mencapai 23.734 penumpang.

Sedangkan, untuk puncak arus balik terjadi pada H+3, dimana penumpang mencapai 24.962 dengan pergerakan pesawat secara keseluruhan sebanyak 185 pesawat.

5 Inspirasi Gaya Lebaran Ala Yaseera yang Bakal Bikin Penampilanmu Tetap Kece

"Kalau di YIA (Yogyakarta International Airport) puncaknya ada sebanyak1020 penumpang, 9 Flight. Ada 17 pergerakan, dimana Garuda 3 flight, Batik Air 3 flight, Citilink dan Air Asia. Animo masyarakat cukup luar biasa hampir rata-rata seat penuh untuk YIA, area juga bertambah, semula hanya Yogyakarta, sekarang sampai Cilacap, Wonosobo, Kebumen," ungkapnya pada Tribunjogja.com.

Meskipun demikian, Pandu menerangkan secara keseluruhan total penumpang selama pelaksanaan posko turun sebesar 16,93% dibandingkan dengan pelaksanaan posko angkutan lebaran 2018.

Pandu juga menjelaskan, pada masa angkutan lebaran ini ada lima penumpang yang salah bandara, dikarenakan salah membaca kode.

Yang mana harusnya dia naik pesawat di YIA yang memiliki kode YIA, namun datang ke Adisutjipto yang memiliki kode JOG.

Penumpang Mudik Turun 17 Persen, Kondisi Bandara Adisutjipto Disebut Masih Wajar

"Memang ini masih belum familiar, antara YIA dengan Adisutjipto. Ada sekian calon penumpang yang harusnya di YIA tapi meraka berangkat melalui Adisutjipto, sehingga akhirnya terlambat. Walaupun angkutan pendukung dengan jadwal selalu kita sosialisasikan," ungkapnya.

Lebih lanjut, Pandu menerangkan secara keseluruhan angkutan lebaran di Bandara Adisutjipto maupun YIA tidak ada kendala yang berarti.

Hal tersebut atas dukungan Polri, TNI, Pramuka, Airnav dan sebagainya.

Halaman
12
Penulis: Siti Umaiyah
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved