Kulon Progo

Pemerintah Selidiki Penyebab Matinya Ribuan Ikan di Laguna Pantai Trisik Kulon Progo

Dinas Lingkungan Hidup DIY dan Polda DIY sudah turun ke lapangan untuk mengecek langsung dan mengambil sampel air untuk mengetahui penyebab pastinya.

Pemerintah Selidiki Penyebab Matinya Ribuan Ikan di Laguna Pantai Trisik Kulon Progo
TRIBUNJOGJA.COM / Singgih Wahyu
Sebuah unit alat berat dikerahkan untuk mengubur ribuan ikan yang mati di Laguna Pantai Trisik, Kecamatan Galur, Rabu (12/6/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Keberadaan bangkai ribuan ikan di Laguna Pantai Trisik, Kecamatan Galur, Kabupaten Kulon Progo dikhawatirkan berdampak pada kesehatan masyarakat.

Pemerintah setempat memutuskan untuk mengubur bangkai ikan tersebut, Rabu (12/6/2019) pada beberapa lubang yang disiapkan dekat laguna.

Dari pantauan Tribunjogja.com, penguburan dilakukan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kulon Progo bersama anggota kelompok budidaya Bandeng Jaya Trisik.

5 Inspirasi Gaya Lebaran Ala Yaseera yang Bakal Bikin Penampilanmu Tetap Kece

Alat berat berupa eskavator dikerahkan untuk menggali lubang di tepi barat laguna sedangkan petugas lainnya menjaring bangkai ikan yang mulai membusuk itu.

Bangkai lantas dimasukkan ke dalam lubang lalu ditimbun pasir.

"Bangkai ikan kita kuburkan karena dikhawatirkan mengganggu kesehatan masyarakat sekaligus mengurangi bau tak sedap yang muncul," jelas Kepala Bidang Pemberdayaan Nelayan Kecil dan Pelelangan, DKP Kulon Progo, Sugiharto pada Tribunjogja.com.

Seperti diketahui, ribuan ekor ikan nila di dalam laguna itu mati mendadak beberapa hari belakangan.

Diduga ikan-ikan itu mati karena habitatnya tercemar zat polutan.

Dugaan yang muncul sementara ini, sumber pencemaran itu adalah limbah dari kolam tambak budidaya udang di sekitar Pantai Trisik yang dibuang langsung ke laguna.

Di tepian laguna memang terdapat banyak saluran pembuangan limbah dari tambak.

Halaman
123
Penulis: ing
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved