OJK Imbau Masyarakat Cermat Kelola Keuangan Usai Lebaran

Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) DIY mengimbau kepada masyarakat untuk cermat mengatur keuangan usai perayaan Lebaran.

OJK Imbau Masyarakat Cermat Kelola Keuangan Usai Lebaran
ist
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) DIY mengimbau kepada masyarakat untuk cermat mengatur keuangan usai perayaan Lebaran.

Pasalnya, sewaktu Lebaran masyarakat cenderung menghabiskan uang dalam jumlah besar, sehingga diprediksi bakal berpengaruh terhadap transaksi keuangan.

Kepala Kantor OJK DIY, Untung Nugroho mengatakan, perbankan biasanya akan cenderung mengalami perlambatan angsuran kredit usai Lebaran oleh masyarakat akibat dana yang tidak mencukupi.

"Biasanya keluhan bank seperti itu, sehabis libur panjang nanti jadwal angsuran biasanya agak tersendat," kaya Untung, Rabu (12/6/2019).

Inflasi DIY Terkendali karena Terjaganya Pasokan Pangan di Bulan Ramadan

Transaksi di Cabang Bank Mandiri Tembus Rp4 Triliun per Hari Selama Lebaran

Lebih lanjut dia menerangkan, fenomena tersebut biasanya terjadi pada nasabah yang berpenghasilan tetap semisal para pegawai.

Untuk nasabah pengguna kredit produktif seperti pelaku UMKM, cenderung tidak mengalami permasalahan sama sekali.

"Nasabah UMKM biasanya malah mendapat rezeki lebih saat liburan panjang tapi kalau yang penghasilan tetap kan habis untuk konsumsi dan itu berpengaruh terhadap perilaku angsuran," ujarnya.

Situasi tersebut, dijelaskan Untung akan kembali normal di bulan Juli mendatang. Para nasabah akan kembali menemukan format keuangan yang stabil dan industri keuangan berjalan dengan baik. (Tribunjogja I Yosef Leon Pinsker)

Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved