Dokumen IPL Jalur Kereta Bandara YIA Sudah di Meja Sri Sultan Hamengku Buwono X, Dibuat Melayang

Dokumen IPL Jalur Kereta Bandara YIA Sudah di Meja Sri Sultan Hamengku Buwono X, Dibuat Melayang

Dokumen IPL Jalur Kereta Bandara YIA Sudah di Meja Sri Sultan Hamengku Buwono X, Dibuat Melayang
tribunjogja/yosephhary
Stasiun Kedundang yang telah lama dinonaktifkan bakal dihidupkan kembali sebagai stasiun sub penghubung jalur utama kereta api menuju bandara baru Kulonprogo. PT KAI melalui kepala daop vi yogyakarta, pekan kemarin, telah menyatakan rencanakan pembangunan lintasan dan wesel persimpangan dari stasiun di Kedundang itu menuju lokasi bandara. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Dokumen Izin Penetapan Lokasi (IPL) jalur kereta bandara saat ini berada di tangan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Jika sudah ditandatangani dokumen ini, maka nantinya pelaksanaan pengerjaan jalur kereta api dari stasiun Kedundang menuju ke Bandara YIA akan segera dilaksanakan.

“Dokumen sudah di beliau (Gubernur). Saya sudah minta prioritas (untuk segera ditandatangani),” ujar Sekda DIY, Gatot Saptadi.

Gatot menjelaskan, usai nantinya IPL ini ditandatangani Gubernur, maka dokumen kemudian akan diserahkan pada tim Kementrian Perhubungan dan juga BPN.

Proses Pemberkasan IPL Jalur Kereta Api ke Bandara YIA Dipastikan Cepat

Untuk lokasi yang akan menjadi jalur ini juga sudah dimuat dalam dokumen tersebut.

Dia menjelaskan,  untuk jalur ini disepakati ada yang melayang dan atgrade.  Namun,  idealnya pada saat masuk bandara lantai dua.

“Jadi, nanti langsung masuk ke terminal bandara di lantai dua,” jelasnya.

Kereta api ini, sebutnya juga menjadi salah satu persyaratan penerbangan internasional ini bisa dilaksanakan.  Di antaranya, saat ini sudah disediakan sarana pendukung seperti kereta bandara dan juga bus DAMRI.

IPL Jalur Kereta Api YIA Segera Ditandatangani Gubernur DIY

Perlu diketahui jalur dari Kedundang menuju bandara ini mencapai sekitar 5 kilometer. Adapun untuk pembebasan lahannya mencapai sekitar 15 hektar.

Nantinya, seluruh proses pembebasan lahan dan juga penganggaran berasal dari PT KAI.

Sebelumnya, IPL dari jalur kereta api ini sempat terganjal satu lahan. Namun, pada akhirnya pemilik menyetujui lahan untuk kepentingan jalur kereta menuju bandara. Sehingga, saat ini proses IPL akan segera dilaksanakan. (Tribunjogja I Agung Ismiyanto)

Penulis: ais
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved