Cegah Perpecahan Bangsa, Rektor UIN Kalijaga Sarankan Halal Bihalal Partai

Cegah Perpecahan Bangsa, Rektor UIN Kalijaga Sarankan Halal Bihalal Partai

Cegah Perpecahan Bangsa, Rektor UIN Kalijaga Sarankan Halal Bihalal Partai
Tribun Jogja/Siti Umaiyah
Rektor UIN Sunan Kalijaga, Yudian Wahyudi saat memberikan sambutan di momen Halal Bi Halal yang diadakan di UIN Sunan Kalijaga pada Rabu (12/6/2019) 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Rektor UIN Sunan Kalijaga Yudian Wahyudi mengungkapkan untuk menghindari  perpecahan paska putusan hasil sengketa Pemilu 2019 oleh Mahkamah Konstitusi (MK), diperlukan adanya acara halal bihalal yang melibatkan seluruh partai.

"Dengan halal bI halal, dia nyaman untuk datang. Halal bihalal upaya saling memaafkan kalau ada salah dengan sesama manusia. Minta maaf tidak mudah, maka ulama Indonesia ijtihad, bagaimana Idul Fitri bisa menjadi perekat sosial, bukan hanya zakat dan puasa," terangnya seusai halal bihalal yang diadakan di UIN Sunan Kalijaga pada Rabu (12/6/2019).

Prabowo Minta Pendukung Bersikap Dewasa Menyikapi Keputusan MK

10 TPS di Magelang Digugat ke MK, KPU Siap Hadapi Sidang

Transkrip Pidato Lengkap Prabowo Minta Pendukungnya Tak Datang ke MK saat Sidang Gugatan Piplres

Yudian menyebutkan, sebaiknya halal bihalal partai ini dilakukan sebelum adanya keputusan MK. Untuk kepanitiaan sendiri bisa diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai menyelenggara pemilu, maupun diambilkan dari kedua kubu, baik dari partai pendukung 01, maupun 02.

Lebih lanjut, Yudian menerangkan, Ngarso Dalem, sebagai Raja Keraton Yogyakarta juga bisa menjadi penyelenggara halal bihalal partai ini, yang mana Ngarso Dalem merupakan pihak yang netral.

"Maka perlu dibuat panitia netral, seperti gabungan panitia dari 01 dan 02. Atau dari KPU. Keraton juga merupakan pihak yang netral. Maka kita minta dan upaya kan rekonsiliasi dari puncak. Kedudukan Ngarso Dalem sebagai Raja Keraton Yogyakarta itu pas," ungkapnya. (Tribunjogja I Siti Umaiyah)

Penulis: Siti Umaiyah
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved