Apa Itu Dry Cleaning? Jangan Salah Kaprah, Begini Penjelasannya

Sesuai namanya, Dry Cleaning secara sederhana diartikan cuci kering. Nah dalam prosesnya dry cleaning ini menggunakan cairan kimia selain air

Apa Itu Dry Cleaning? Jangan Salah Kaprah, Begini Penjelasannya
Dry Cleaning atau Cuci Kering 

TRIBUNJOGJA.com - Mungkin anda bertanya-tanya, apakah dry cleaning itu mencuci tanpa menggunakan air. Jawabannya adalah ya.

Sesuai namanya, Dry Cleaning secara sederhana diartikan cuci kering. Nah dalam prosesnya dry cleaning ini menggunakan cairan kimia selain air untuk membersihkan pakaian maupun jenis kain lainnya. Jadi dalam prosesnya memang tidak melibatkan air.

Ini tentu berbeda dengan laundry alias cuci basah yang menggunakan air dan deterjen untuk membersihkan pakaian.

Sebagaimana diketahui, ada beberapa jenis kain yang mudah rusak jika dicuci dengan metode laundry, sehingga muncullah metode dry cleaning yang dianggap mampu mempertahankan kondisi kain.

Apa saja bahan yang digunakan dan bagaimana proses dry cleaning ini?

Bahan yang paling umum digunakan dalam metode cuci Dry cleaning yaitu perchloroethylene yang juga dikenal sebagai perc atau PCE atau menggunakan decamethylcyclopentasiloxane yang dikenal juga sebagai GreenEarth - yang masih digunakan sampai sekarang.

Dalam metode laundry, deterjen digunakan sebagai pelarut untuk membantu menghilangkan kotoran. Kemudian kain akan menjalani proses pengeringan.

Mesin laundry satu tabung
Mesin laundry satu tabung (NET)

Ada yang menggunakan mesin cuci konvensional biasa yang memiliki tabung pengering terpisah, dan ada pula mesin cuci satu tabung yang berfungsi sebagai tempat pembilasan sekaligus pengering.

Sedangkan Dry Cleaning memiliki empat bagian mesin.

Menurut Drycleaning & Laundry Institute (DLI), keempat bagian itu meliputi tangki penahan atau tangki dasar yang menahan pelarut, pompa yang berfungsi untuk mensirkulasikan pelarut melalui mesin, filter yang menyaring kotoran yang dikeluarkan dari pelarut atau kain dan silinder atau roda dimana kain ditempatkan.

mesin dry cleaning
mesin dry cleaning (NET)

Selama proses pembersihan, pompa pertama-tama akan menarik pelarut dari tangki dan menyalurkannya melalui filter untuk menghilangkan berbagai kotoran. Pelarut yang tersaring kemudian dimasukan ke silinder, di mana ia berinteraksi dengan kain dan menghilangkan noda apapun yang menempel pada kain atau pakaian. Pelarut kemudian bergerak kembali ke tangki penampungan sehingga dapat memulai proses itu lagi.

Setelah kain melewati proses pembersihan, mesin cuci akan mulai memasuki siklus ekstraksi, yang berfungsi untuk menghilangkan pelarut berlebih. Selama proses ini, tingkat perputaran silinder akan meningkat, seperti halnya putaran tahap akhir pada mesin cuci rumahan.

Setelah siklus ekstraksi selesai dan silinder berhenti bergerak, pakaian tersebut dikeringkan dengan mesin yang sama (jika itu adalah sistem tertutup) atau dipindahkan ke pengering yang terpisah.

Sementeara kelebihan pelarut dikumpulkan, disaring dan dipindahkan kembali ke tangki penahan.

Begitulah proses dan bahan yang digunakan dalam metode cuci kering atau dry cleaning. (*/berbagai sumber)

Penulis: mon
Editor: mon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved