Pendidikan

Calon Peserta Didik yang Telah Diterima Kelas Khusus Olahraga Tidak Bisa Mendaftar PPDB Reguler

Bagi calon peserta didik yang telah diterima pada KKO, maka tidak bisa mengambil token untuk mendaftar PPDB reguler.

Calon Peserta Didik yang Telah Diterima Kelas Khusus Olahraga Tidak Bisa Mendaftar PPDB Reguler
istimewa
ilustrasi PPDB 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Noristera Pawestri

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Kepala Bidang Perencanaan dan Pengembangan Mutu Pendidikan Disdikpora DIY, Didik Wardaya mengatakan jadwal Tes Bakat Olahraga Kelas Khusus Olahraga (KKO) pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SMA diserahkan kepada masing-masing sekolah.

Seperti misalnya SMAN 4 Yogyakarta akan menyelenggarakan Tes Bakat Olahraga pada Rabu (12/6/2019) besok di Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) UNY.

"Tapi yang di Gunungkidul yaitu SMAN 1 Tanjungsari dan SMAN 2 Playen itu justru pengujinya yang datang ke Gunungkidul," ujarnya pada Tribunjogja.com, Selasa (11/6/2019).

5 Inspirasi Gaya Lebaran Ala Yaseera yang Bakal Bikin Penampilanmu Tetap Kece

Beberapa sekolah lainnya yang memiliki KKO yakni SMAN 1 Sewon dengan daya tampung 72 siswa, SMAN 1 Pengasih memiliki daya tampung 36 siswa, SMAN 1 Lendah dengan daya tampung 36 siswa, SMAN 1 Seyegan dengan daya tampung 36 siswa dan SMAN 2 Ngaglik yang memiliki daya tampung 36 siswa.

Untuk waktu pelaksanaan Tes Bakat Olahraga juga berdasarkan pada kesepakatan masing-masing kepala sekolah dengan FIK UNY.

Namun pelaksanaan tes tersebut dalam kurun waktu sesuai jadwal yang telah ditentukan oleh Disdikpora DIY yakni pada 10 - 15 Juni 2019.

"Yang jelas paling akhir itu tanggal 19 Juni 2019  sudah harus tahu hasilnya. Kemudian hasil kita gunakan untuk mengunci, supaya mereka yang sudah diterima KKO tidak bisa mendaftar lagi di jalur reguler," lanjutnya.

Calon Peserta Didik Kelas Khusus Olahraga SMAN 4 Yogyakarta Akan Ikuti Tes Bakat Olahraga

Ia menegaskan, bagi calon peserta didik yang telah diterima pada KKO, maka tidak bisa mengambil token untuk mendaftar PPDB reguler.

Namun bagi calon peserta didik yang tidak diterima KKO maka dapat mengikuti PPDB reguler.

Lanjutnya, penerimaan calon peserta didik KKO berdasarkan pada Nilai Akhir Seleksi yakni Nilai Ujian Nasional 25 persen + Tes Bakat Olahraga 65 persen + Nilai Prestasi Non Akademik di bidang olahraga 10 persen.

"Tes bakat olahraga dan prestasi non akademik harus sesuai bidang masing-masing, sesuai cabang olahraga yang akan diikuti. Misalnya sepak bola, tentunya prestasi digunakan sepak bola," jelasnya. (*)

Penulis: Noristera Pawestri
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved