Bisnis

BHMTC Dorong Pelaku UMKM Capai Target Bisnis Lewat Time Capsule

Program Time Capsule ini membuka sekumpulan impian yang ditulis di atas selembar kertas oleh para pelaku UMKM dan telah ditulis pada tahun 2108 lalu.

BHMTC Dorong Pelaku UMKM Capai Target Bisnis Lewat Time Capsule
istimewa
Konsultan BHMTC, Bio Hadikesuma saat memberikan pemaparan pada para pelaku UMKM 

TRIBUNJOGJA.COM - Bio Hadikesuma Management Training & Consulting (BHMTC) membuka program Time Capsule 2018, yakni program tahunan bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Program Time Capsule ini membuka sekumpulan impian yang ditulis di atas selembar kertas oleh para pelaku UMKM dan telah ditulis pada tahun 2108 lalu.

Konsultan BHMTC, Bio Hadikesuma mengatakan, kegiatan ini merupakan program tahunan dalam rangka memantau perkembangan para pelaku UMKM.

"Jadi UMKM ini harus punya rencana apa saja ke depannya. Time Capsule ini untuk memantau progresnya, kan ketahuan sudah sampai mana progresnya," ujarnya pada Selasa (11/6/2019).

5 Inspirasi Gaya Lebaran Ala Yaseera yang Bakal Bikin Penampilanmu Tetap Kece

Bio mengatakan, selama ini, kebanyakan dari para pelaku UMKM tidak memiliki target.

Kalaupun memiliki target, namun para pelaku UMKM tidak terlalu memikirkan perkembangan usahanya.

"Lewat kegiatan ini mereka punya target yang kemudian ditulis di kertas dan disimpan. Tahun berikutnya dibuka target-target itu. Target manajemen sekian, berapa persen pencapaiannya, kendalanya apa," tuturnya kepada Tribunjogja.com

Program yang diselenggarakan secara rutin ini juga bertujuan untuk mengubah pola pikir dan menciptakan kebiasaan baru dalam menjalankan bisnis.

Sebab, dalam berbisnis harus memiliki target, bukan hanya sebatas angan-angan.

Pelaku UMKM di Sleman Ikut Merasakan Berkah Lebaran

"Banyak pelaku UMKM kalau berbicara soal pola pikir mereka sadar, tapi tidak langsung bertindak. Program ini salah satu cara mengubah pola pikir dan menciptakan kebiasan baru," jelasnya.

Lanjutnya, hasil dari program Time Capsule ini, sebanyak 70 persen pelaku UMKM sudah mampu mencapai dari target yang telah ditulis.

Yahya Priono, salah satu pelaku UMKM ini mengatakan, lewat Time Capsule, pihaknya dapat memantau progres perkembangan bisnisnya.

“Program ini merupakan program yang bagus. Selain berkomunitas, kita juga tetap diingatkan untuk berpegang teguh dalam target yang kita capai," kata dia. (*)

Penulis: Noristera Pawestri
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved