Dua Kecamatan Terima Bantuan Air dari BPBD

Awal musim kemarau kali ini sudah ada dua kecamatan yaitu Girisubo dan Paliyan keduanya telah mengajukan bantuan air bersih,

Dua Kecamatan Terima Bantuan Air dari BPBD
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Gunungkidul 

Laporan Reporter Tribunjogja Wisang Seto Pangaribowo

TRIBUNJOGJA.COM,GUNUNGKIDUL-Dua Kecamatan di Kabupaten Gunungkidul telah mendapatkan bantuan dropping air dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gunungkidul.

Kedua kecamatan tersebut adalah Kecamatan Girisubo dan Kecanatan Paliyan.

Kepala Pelaksana BPBD Gunungkidul, Edy Basuki menjelaskan setelah dilakukan pengajuan bantuan droping air BPBD Kabupaten Gunungkidul langaung memberikan bantuan ke dua kecanatan tersebut.

"Awal musim kemarau kali ini sudah ada dua kecamatan yaitu Girisubo dan Paliyan keduanya telah mengajukan bantuan air bersih, dan sebelum hari raya Idul Fitri kami sudah mengirim air tepatnya 4 hari sebelum hari raya," ucapnya, Minggu (9/6/2019).

Edy menambahkan pada awal musim kemarau ini masih sedikit yang mengajukan bantuan air bersih, akan tetapi nanti saat memasuki puncak musim kemarau permintaan droping air akan semakin bertambah.

"Pengalaman tahun-tahun sebelumnya seperti itu, di Kabupaten Gunungkidul memiliki banyak kecamatan-kecamatan yang menjadi langganan krisisi air. Selain Girisubo, ada juga Tepus, Rongkop, Panggang, Purwosari, Patuk hingga wilayah Semin,” paparnya.

Pihaknya menyiapkan anggaran untu penanggulangan kekeringan pada tahun ini mencapai Rp 500 juta, dan menyiagakan tujuh truk tangki air.

“Kita siapkan tujuh, tapi yang beroperasi penuh hanya enam karena satu unit truk dijadikan armada cadangan. Bantuan air tidak hanya diberikan oleh BPBD tetapi juga dilakukan oleh pihak kecamatan lalu ada juga pihak swasta yang ikut membantu," katanya.

Untuk mengatasi terjadinya tumoang tindih bantuan maka pihaknya selalu melakukan koordinasi dengan pihak kecamatan atau pihak swasta yang hendak memberikan bantuan air bersih.

"Koordinasi dilakukan agar bantuannya merata ke masyarakat-masyarakat yang mengalami kekeringan," imbuhnya.

Sementara itu, Sekretaris Camat Girisubo, Arif Yahya mengatakan pihaknya telah melakukan komunikasi dengan pihak BPBD Gunungkidul dan hasilnya BPBD akan memberikan ke sejumlah desa di Kecamatannya.

"BOBD Gunungkidul akan memberikan ke beberapa desa yaitu Desa Nglindur, Karangawen, Jepitu dan Balong. Sedang empat desa lainnya, Songbanyu, Pucung, Tileng dan Jerukwudel akan ditangani tim dari kecamatan,” kata Arif.

Arif menjelaskan, Kecamatan Girisubo menjadi satu diantara wilayah yang menjadi langganan krisis air bersih ketika musim kemarau datang, hal tersebut dikarenakan minimnya sumber air di Kecamatan Gurisubo.

“Banyak warga pesisir yang memanfaatkan sisa air hujan dengan membangun bak penampungan air hujan tetapi cadangan air yang dimiliki warga sudah tidak banyak sehingga harus membeli air dari tangki swasta," pungkasnya.(wsp)

Penulis: Wisang Seto Pangaribowo
Editor: ose
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved