Bisnis

Hadapi Libur Lebaran, Candi Borobudur dan Prambanan Bakal Tambah Gate Masuk

Menyambut masa libur lebaran 2019, pengelola candi, PT Taman Wisata Candi (Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko) berencana menambah gate masuk di Candi

Hadapi Libur Lebaran, Candi Borobudur dan Prambanan Bakal Tambah Gate Masuk
TRIBUNJOGJA.COM / Wahyu Setiawan
Direktur Pemasaran dan Pelayanan TWC Hetty Herawati (tengah) bersama jajaran direksi termasuk masing-masing General Manager Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko saat jumpa media di Rama Shinta Resto, Prambanan, Sleman, Senin (3/6/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Menyambut masa libur lebaran 2019, pengelola candi, PT Taman Wisata Candi (Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko) berencana menambah gate masuk di Candi Borobudur dan Candi Prambanan.

Penambahan gate atau pintu masuk ini ditujukan untuk memecah bottle necking (penumpukan) sekaligus memberikan kenyamanan bagi wisatawan selama masa libur lebaran.

"Akan ada lima gate atau pintu masuk di Prambanan dan dua pintu masuk di Borobudur yang tadinya hanya ada satu gate," kata Hetty Herawati Direktur Pemasaran dan Pelayanan TWC kepada wartawan, belum lama ini.

Libur Lebaran, Tiket Masuk Candi Borobudur Naik

Hetty menambahkan, tak hanya gate masuk, ticketing system juga diperbaiki.

TWC akan menambah mesin scan tiket termasuk cashless gate yang bekerjasama dengan Brizzi, Tap Cash dan LinkAja.

"(untuk scan tiket) akan ada 14 di Borobudur dan 12 di Prambanan. Angka ini lebih banyak dibanding tahun lalu dan hari biasa," tandasnya.

Selain itu, TWC juga bakal menambah kantong parkir.

Beberapa pintu parkir rencananya akan ditambah baik di Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko.

Menguak Rahasia Arsitektur Candi Prambanan yang Kokoh dan Presisi

Sementara itu, GM Komersial TWC Emilia mengatakan TWC dalam libur lebaran kali ini juga melibatkan pelajar dan mahasiswa pecinta dan peduli heritage untuk membantu pengunjung memberikan informasi di taman candi.

"Diharapkan mereka bisa mempromosikan dan menularkan kecintaan akan heritage dan filosofi budaya Indonesia di kalangan generasi muda," tambahnya.

Diprediksi momen libur lebaran setiap candi dinaungan BUMN ini, angka kunjungan akan meningkat hingga sepuluh kali lipat.

Berkaca pada laporan tahun sebelumnya, rata-rata kunjungan pada musim libur lebaran untuk Candi Borobudur mencapai 58 ribu pengunjung dalam sehari dan 28 ribu pengunjung untuk Candi Prambanan.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved