Sleman

Sebanyak 15 Narapidana di Sleman Bisa Pulang pada Idul Fitri Tahun Ini

Sebanyak 15 orang warga binaan atau narapidana yang berada di Lapas Kelas II B Sleman dapat menghirup udara bebas pada Idul Fitri 5 Juni kemarin.

Sebanyak 15 Narapidana di Sleman Bisa Pulang pada Idul Fitri Tahun Ini
ilustrasi 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Santo Ari

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Sebanyak 15 orang warga binaan atau narapidana yang berada di Lapas Kelas II B Sleman dapat menghirup udara bebas pada Idul Fitri 5 Juni kemarin.

Kepala Lapas Kelas II B Sleman, Gunarto mengatkan memaparkan dari jumlah warga binaan sebanyak 316 per tanggal 5 juni kemarin, yang mendapatkan remisi khusus kategori I sebanyak 151 orang.

Sedangkan yang mendapatkan remisi khusus katogiri II dan bisa langsung bebas sebanyak tiga orang. Ada pula dua orang yang telah habis masa pidana.

Narapidana Dapat Tambahan Waktu Kunjungan untuk Merayakan Lebaran Bersama Keluarga

Selain remisi, ada pula warga binaan yang mendapatkan cuti bersyarat sebanyak sembilan orang, dan satu orang pembebasan bersyarat.

Mereka kini berada di bawah binaan Balai Pemasyarakatan (BAPAS).

"Warga binaan relatif sedikit pelanggarannya di bandingkan tahun lalu. Jadi keseluruhan ada 15 orang yang langsung pulang pada tanggal 5 Juni kemarin," paparnya.

Terpisah, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham DIY, Tedja Sukmana mengatakan dari sembilan lapas dan rutan di DIY terdapat 820 warga binaan yang mendapat remisi khusus Idul Fitri.

"Dari jumlah itu, yang menerima remisi khusus dan langsung bebas dari hukuman jumlahnya 18 orang," paparnya.

WBP Lapas Perempuan Yogyakarta Ikuti Pelatihan Merias

Pemberian remisi ini sesuai dengan UU 12/1995 tentang Pemasyarakatan, PP 28/2006 dan PP 99/2012 tentang Hak Warga Binaan, serta Permenkumham 3 2018 tentang Remisi.

Ia merinci, napi Lapas Kelas II A Yogya yang mendapat remisi sebanyak 260 orang, Lapas Narkotika Kelas II A Yogya 194 orang, Lapas Kelas II B Sleman 154 orang, Lapas Perempuan Kelas II B Yogya 56 orang, Lapas Anak Kelas II Yogya 10 orang, Rutan Kelas II A Yogya 33 orang, Rutan Kelas II B Bantul 64 orang, Rutan Kelas II B Wates 19 orang, dan Rutan Kelas II B Wonosari 30 orang.

Besaran remisi yang diberikan bervariasi, antara 15 hari sampai 2 bulan. Adapun warga binaan yang mendapatkan remisi 15 hari sebanyak 329 orang, satu bulan sebanyak 411 orang, satu bulan 15 hari sebanyak 64 orang, dan dua bulan sebanyak 16 orang.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: nto
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved