Lebaran 2019

Mudik Lebaran, Pergerakan Penumpang Bandara Adisutjipto Yogyakarta Naik 80 Persen

Pergerakan naik signifikan dibanding periode low season Januari-Mei kemarin. Kenaikannya mencapai 80 persen

Mudik Lebaran, Pergerakan Penumpang Bandara Adisutjipto Yogyakarta Naik 80 Persen
Tribunjogja.com/Alexander Ermando
Penumpang yang baru saja tiba di Bandara Adisutjipto Yogyakarta 

Laporan Reporter Tribun Jogja Alexander Ermando

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Arus mudik di Bandara Adisutjipto Yogyakarta meraih puncaknya pada H-4 Lebaran dengan capaian sebanyak 23,734 penumpang.

Menurut data Angkasa Pura (AP) 1 Yogyakarta, jumlah tersebut mengalami penurunan sebanyak 8.28 persen dibanding mudik 2018. Pada periode yang sama jumlahnya mencapai 25,876 penumpang.

Meskipun demikian, General Manager AP 1 Yogyakarta Agus Pandu Purnama tetap menanggapi secara positif arus mudik transportasi udara tahun ini.

"Pergerakan naik signifikan dibanding periode low season Januari-Mei kemarin. Kenaikannya mencapai 80 persen," kata Pandu saat dihubungi pada Kamis (06/06/2019) sore.

Menurut Pandu, jika dikalkulasikan secara keseluruhan, hingga H-3 lalu setidaknya terdapat 115,716 penumpang di Bandara Adisutjipto Yogyakarta. Sebagian besar berasal dari area Kedatangan.

Sedangkan data dari Yogyakarta International Airport (YIA) menunjukkan ada 3,654 penumpang di periode yang sama. Sehingga totalnya mencapai 119,370 pergerakan penumpang.

"Saya dapat info juga bahwa dari YIA tingkat keterisiannya mencapai lebih dari 100 penumpang per pesawat. Ini bagus," ujar Pandu.

Ia juga mengakui bahwa penurunan jumlah pemudik ini masih dipengaruhi oleh mahalnya tiket pesawat. Namun ia menolak juga itu disebut sebagai faktor utama.

Menurut Pandu, ada sejumlah faktor lain yang menyebabkan pemudik angkutan udara turun. Sebagian besar lebih karena adanya lebih banyak pilihan transportasi. Terutama didukung kondisi infrastruktur darat.

"Seperti saat ini kan Tol Trans Jawa yang sudah tersambung dan bisa digunakan. Tentunya itu lebih dimanfaatkan pemudik, baik dengan kendaraan umum ataupun pribadi," jelasnya.(*)

Penulis: Alexander Aprita
Editor: ose
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved