Sains

Inilah Dinosaurus Kedua yang Ditemukan di Australia

Berdasar area temuan F. dhimbangunmal, para ahli memperkirakan dinosaurus ini dulunya berkeliaran di pinggiran timur laut pedalaman Australia

Inilah Dinosaurus Kedua yang Ditemukan di Australia
via Kompas.com
Ilustrasi dinosaurus Australia, Fostoria dhimbangunmal. 

TRIBUNJOGJA.COM - Dalam seratus tahun terakhir, banyak fosil dinosaurus ditemukan di Asia, Eropa, dan Amerika, tapi hanya sedikit yang ditemukan di Australia.

Meski sedikit ditemukan, bukan berarti tidak ada jejak dinosaurus di negeri kanguru itu.

Terbaru, para ilmuwan menyadari adanya sisa tulang belulang dinosaurus asing yang belum pernah dipelajari di museum tertua milik Australia.

Merujuk pemberitaan Science Alert, Rabu (5/6/2019), fosil tersebut merupakan bukti pertama kehidupan kawanan dinosaurus di Australia, termasuk kerangka dinosaurus terbungkus dalam batu opal yang paling lengkap di dunia.

Berwisata ke Mojosemi Forest Park Serasa Jalan-jalan di Sarang Dinosaurus Betulan

"Hal seperti ini tidak pernah terjadi di Australia," ujar pemimpin penulis Phil Bell.

Bell melanjutkan, fosil itu terdiri dari 60 tulang dan merupakan jumlah tulang dinosaurus terbesar yang pernah diketahui di Australia.

Fosil-fosil itu tersimpan dalam batu opal berkilau dan pertama kali ditemukan oleh seorang penambang bernama Bob Foster di area bernama Lighting Ridge pada 1984.

Namun sayang, entah bagaimana semua fosil yang ditemukan dibiarkan begitu saja menjadi koleksi museum tanpa penelitian lebih lanjut.

Seorang Petani Tewas Dililit dan Digigit Piton 7 Meter, Si Ular Mati Setelah Ditebas Parang

Bahkan, Foster sempat melihat beberapa opal fosil dipajang di sebuah toko batu opal di Sydney. Ketika Foster melihat itu, Foster segera mengambil dan menyumbangkannya ke Pusat Opal Australia pada 2015.

Sebongkah batu opal membungkus fosil dinosaurus.

Halaman
12
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved