Bom Kartasura

Mahfud MD Berpesan Negara Bisa Tegas dan Transparan dalam Menindak Terorisme

Prof Mahfud Md mendukung negara untuk menindak tegas segala aksi teror yang mengganggu keamanan masyarakat maupun mengancam keutuhan bangsa Indonesia

tribunjogja/Santo ari
Prof Mahfud MD 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Santo Ari

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Prof Mahfud Md meyakini kasus bom bunuh diri yang meledak di Pos Polisi Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah merupakan aksi teror yang harus diusut hingga tuntas.

Ia pun mendukung negara untuk menindak tegas segala aksi teror yang mengganggu keamanan masyarakat maupun mengancam keutuhan bangsa Indonesia.

Saat ditemui di kediamannya, Selasa (4/6/2019) petang, ia mengimbau agar negara tetap berhati-hati menangkal radikalisme, serta bertindak tegas dan transparan.

Pernah Jadi Mahasiswa IAIN, Pelaku Bom Bunuh Diri Menolak Mata Kuliah Pancasila, Suka Video Perang

Kronologi Bom Bunuh Diri Pos Polisi Kartasura, Terdengar Suara Ledakan Keras dan Muncul Kepulan Asap

Terduga Pelaku Bom Bunuh Diri Pos Polisi Kartasura Dilarikan ke RS PKU Kartasura

Ia mencontohkan, beberapa tahun lalu negara kerap dianggap melakukan rekayasa ketika menindak teroris.

"Dulu kan sering kalau menindak teroris itu dianggap rekayasa, ciptaan, untuk mengalihkan perhatian, sekarang tidak bisa lagi begitu. Sekarang tak bisa main rekayasa, sudah susah.

Serba digital, masyarakat sekarang punya kemampuan, hak, mengawasi dan memberitakan. Dalam keadaan begini maka negara akan sulit melakukan rekayasa-rekayasa yang menimbulkan fitnah seperti dulu," paparnya.

Maka dari itu, ia berpesan agar kasus bom di Kartasura dapat dibuka sejelas-jelasnya oleh negara, termasuk siapa pelakunya, bagaimana melakukannya, serta apa jaringannya.

Tantangan serius

Dalam kesempatan itu, Mahfud mengatakan bahwa menindak terorisme saat ini merupakan tantangan yang sangat serius bagi negara.

Karena ada indikasi pelaku teror sekarang berkaitan dengan jaringan teror internasional.

Halaman
12
Penulis: Santo Ari
Editor: Yoseph Hary W
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved