Hukum Zakat Fitrah dengan Uang dan Beras, Syarat dan Tata Cara Berdasarkan Hadist

Zakat fitrah adalah wajib bagi jiwa muslim di bulan Ramadan menjelang idul fitri. zakat fitrah ditunaikan dalam bentuk beras atau makanan pokok

Hukum Zakat Fitrah dengan Uang dan Beras, Syarat dan Tata Cara Berdasarkan Hadist
https://baznas.go.id/i
Zakat Fitrah 

Hukum Zakat Fitrah dengan Uang dan Beras, Syarat dan Tata Cara Berdasarkan Hadist

TRIBUNjogja.com - Zakat fitra adalah satu-satunya jenis zakat yang terkait secara langsung dengan ibadah puasa Ramadan.

Dikutip Tribunjogja.com dari kemenag.go.id, zakat fitrah hukumnya wajib bagi jiwa muslim di bulan Ramadan menjelang idul fitri.

Zakat fitrah diwajibkan tanpa terkecuali, dewasa, anak-anak bahkan orang yang meninggal pada bulan ramadan tetap ditunaikan zakat fitrahnya.

Zakat fitrah menurut ketentuan Sunnah Nabi diprioritaskan untuk kecukupan pangan dan kegembiraan fakir miskin menyambut hari raya.

Sebagaimana dijelaskan dalam Hadis Nabi SAW, “Rasulullah telah memfardhukan (mewajibkan) zakat fitrah untuk mensucikan orang yang berpuasa dari perkataan yang keji dan
sia-sia dan untuk menjadi makanan bagi orang yang miskin.” (HR Abu Daud dan Ibnu Majah).

Pertanyaanya adalah bolehkah zakat fitrah digantikan dengan uang

Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf M. Fuad Nasar mengatakan, sejalan dengan ketentuan syariah dan kontekstualisasi kehidupan beragama di Tanah Air, zakat fitrah

dapat berupa beras (makanan pokok) atau dapat diganti dengan uang yang senilai dengan harga beras yang dikonsumsi sehari-hari.

Syarat dan tata cara penghitungan zakat fitrah tertuang dalam Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 52 Tahun 2014.

Dilansir laman Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Zakat fitrah (zakat al-fitr) adalah zakat yang diwajibkan atas setiap jiwa baik lelaki dan perempuan muslim yang dilakukan pada bulan Ramadan memasuki saat futur (berbuka puasa) pada Idul Fitri.

Sebagaimana hadist Ibnu Umar ra, "Rasulullah SAW mewajibkan zakat fitrah satu sha’ kurma atau satu sha’ gandum atas umat muslim; baik hamba sahaya maupun merdeka, laki-laki maupun perempuan, kecil maupun besar.

Halaman
1234
Editor: iwe
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved