Kulon Progo

Dirut RSUD Wates : Selama Libur Lebaran, Pasien BPJS yang Dilayani di IGD hanya Kategori Darurat

Dirut RSUD Wates : Selama Libur Lebaran, Pasien BPJS yang Dilayani di IGD hanya Kategori Darurat

Dirut RSUD Wates : Selama Libur Lebaran, Pasien BPJS yang Dilayani di IGD hanya Kategori Darurat
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Kulonprogo 

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Wates tetap membuka pelayanan selama masa libur Lebaran 2019, terutama instalasi gawat darurat (IGD).

Namun begitu, masyarakat diminta untuk lebih memahami kriteria kondisi kegawatdaruratan.

Direktur Utama RSUD Wates, Lies Indriyati mengatakan pihaknya berkomitmen untuk tetap melayani seluruh pasien yang hendak berobat meski poliklinik diliburkan selama Lebaran pada 4-9 Juni.

Adapun layanan yang tetap buka antara lain farmasi, hemodialisa, radioologi, dan laboratorium. Demikian juga IGD tetap beroperasi selama 24 jam untuk menangani pasien, terutama pada kategori gawat darurat.

Hingga Minggu, 571 Bus Sudah Tiba di Gunungkidul, Angkut 1987 Pemudik

Parcel Unik ACE Amplaz Diserbu Pembeli, 400 Unit Sudah Terjual

Untuk peserta penjaminan dari layanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), diharapkan bisa memahami kriteria gawat darurat ini agar tetap bisa menikmati jaminan tersebut.

"Pasien BPJS tetap kami layani saat libur Lebaran tapi hanya untuk kategori gawat darurat. Kalau tidak sesuai kriteria, jaminannya gugur," kata Lies, Minggu (2/6/2019).

Sesuai aturan BPJS memang ada beberapa kriteria gawat darurat yang harus mendapatkan pelayanan medis segera. Lies menyebut, jika tidak termasuk kategori gawat darurat, pelayanan juga akan tetap diberikan di IGD meski tanpa penjaminan dan masuk jalur pembayaran umum.

Jikapun pasien tetap ingin lewat jalur BPJS, disarankan untuk kembali ke pemberi pelayanan kesehatan tingkat pertama (PPK 1) yakni dokter keluarga ataupun puskesmas. (Tribunjogja I Singgih Wahyu)

Penulis: ing
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved