Pemilu 2019

Bawaslu Kota Magelang Proses Tujuh Laporan Perselisihan Pemilu ke MK

Bawaslu Kota Magelang Proses Tujuh Laporan Perselisihan Pemilu ke Mahkamah Konstitusi

Bawaslu Kota Magelang Proses Tujuh Laporan Perselisihan Pemilu ke MK
Istimewa
Ketua Bawaslu Kota Magelang, Endang Sri Rahayu (kanan) ditemani salah seorang komisioner Bawaslu Kota Magelang, saat memberikan keterangan pers kepada wartawan, Sabtu (1/6/2019) kemarin di RM Pandjiwo, Kota Magelang. 

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Magelang memproses permohonan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) yang diajukan kepada Mahkamah Konstitusi (MK).

Ada sebanyak tujuh laporan yang diajukan oleh caleg ataupun partai politik. Sebagian besar mengenai persoalan perolehan suara.

Tujuh laporan yang masuk adalah dari pemohon, Partai Demokrat, Dojoko Ujianto dan Indrawati Sukadin, permasalahannya soal perolehan suara Caleg DPR RI atas nama Bramantyo; Caleg Nella Karnella, Partai Gerindra, yang mempersoalkan surat suara yang tertukar di daerah pemilihan, di TPS 12 dan 13 Kelurahan Kramat Utara, Magelang Utara, Kota Magelang.

Selanjutnya dari PAN, yang mempersoalkan selisih perolehan suara antara PAN dengan Partai Demokrat di tingkat DPR RI pada Dapil Jawa Tengah VI; PPP mengajukan laporan adanya pembukaan kotak suara yang tidak sesuai peraturan undang-undang di Dapil Jateng VIII; Partai Berkarya, yang melaporkan selisih surat suara partai berkarkay di Dapil Jateng 1-10.

Kader dan Alumni HMI Menggelar Talkshow Refleksi dan Rekonsiliasi Kebangsaan Pasca-Pemilu

Pihak pasangan calon presiden dan wakil presiden 02 yang mempersoalkan daftar pemilih dan kasus pertemuan kepala daerah se-Jawa Tengah di Hotel Alila Surakarta; Partai Nasdem, selisih suara antara C1 dengan DA1 di Dapil Jawa Tengah VI (DPR).

"Kami menerima tujuh laporan yang masuk dari para pemohon. Mereka baik dari perseorangan ataupun partai. Laporan itu akan kami proses dan teruskan ke Mahkamah Konstitusi. Gugatan dilayangkan kepada KPU," ujar Ketua Bawaslu Kota Magelang, Endang Sri Rahayu, Minggu (2/6/2019). (Tribunjogja I Rendika Ferri Kurniawan)

Penulis: rfk
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved