Yogyakarta

TNGM Tutup Destinasi Wisata Satu Hari

Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) memutuskan untuk menutup sejumlah destinasi wisata yang berada di sekitar area tersebut pada masa libur Lebaran

TNGM Tutup Destinasi Wisata Satu Hari
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) memutuskan untuk menutup sejumlah destinasi wisata yang berada di sekitar area tersebut pada masa libur Lebaran nanti.

Melalui pengumuman yang di informasikan, penutupan objek wisata di kawasan TNGM dilakukan satu hari yakni pada 5 Juni 2019. Sejumlah destinasi yang ditutup diantaranya, Tlogo Muncar dan Tlogo Nirmolo, Pakem, Sleman; Panguk dan Plunyon, Cangkringan, Sleman; Deles, Kemalang, Klaten; serta Jurang Jero, Srumbung, Magelang.

TNGM Akan Kembali Buka Jalur Objek Wisata Tlogo Muncar dan Nirmolo Kaliurang

Kepala Kepala Balai TNGM, Pujiati, saat dikonfirmasi Tribun Jogja, Sabtu (1/6/2019) mengatakan, penutupan tersebut dilakukan agar para staf TNGM dapat menikmati suasana lebaran dengan berkumpul bersama keluarga.

Waktu penutupan pun hanya dilakukan satu hari, dan akan kembali beroperasi pada hari Lebaran kedua.

"Jadi bukan karena status Merapi ya yang masih tetap waspada. Guguran lava atau awan panas tidak selalu terjadi dan mengarah ke hulu kalu gendol/tenggara dan masih di batas aman 3000m/3km. Kami juga selalu memantau aktivitas Merapi dan dapat laporan dari BPPTKG per 6 jam," imbuhnya.

Pascaerupsi Merapi, BTNGM Kembali Tutup Sejumlah Tempat Wisata

Ia melanjutkan, selama periode libur Lebaran pihaknya juga memberlakukan piket kepada tiap pegawai TNGM untuk mengawasi wisatawan.

Disamping itu, pada objek wisata tertentu juga dipasang papan informasi demi keselamatan berlibur.

"Misal untuk canopy trail di Plunyon kami pasang imbauan terkait kapasitas dan juga apa tidak boleh dilakukan wisatawan sewaktu mengakses wahana wisata," jelasnya.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Yosef Leon Pinsker
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved