Muhammadiyah Tetapkan 1 Syawal 1440 H Jatuh pada Rabu 5 Juni 2019

Penetapan ini didasarkan pada hasil hisab wujudul hilal yang selama ini digunakan oleh Muhammadiyah.

Muhammadiyah Tetapkan 1 Syawal 1440 H Jatuh pada Rabu 5 Juni 2019
Tribun Jogja/ Wahyu Setiawan Nugroho
Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir, saat ditemui awak media, Kamis (30/5/2019) lalu 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Tak jauh berbeda dari perhitungan awal, Pimpinan Pusat Muhammadiyah menetapkan Idul Fitri 1 Syawal 1440 H jatuh pada Rabu 5 Juni 2019.

Penetapan ini didasarkan pada hasil hisab wujudul hilal yang selama ini digunakan oleh Muhammadiyah.

"Melalui majelis tarjih dan tajdid, Muhammadiyah menetapkan bahwa 1 syawal 1440 Hijriah jatuh pada tanggal 5 Juni 2019," beber Haedar Nashir di Kantor PP Muhammadiyah Yogyakarta belum lama ini.

Haedar memastikan, penetapan 1 syawal yang dilakukan oleh Muhammadiyah tahun ini tak akan jauh berbeda dengan hasil yang ditetapkan oleh pemerintah maupun organisasi masyarakat islam lainnya.

Kendati demikian, jika nantinya hasil perhitungan berbeda, Haedar berpesan agar hal tersebut tak dipersoalkan.

"(Jika terjadi perbedaan) Tak perlu dipersoalkan. Kami Muhammadiyah seperti halnya seluruh komponen umat islam lainnya selalu memiliki rasa toleransi. Umat islam di Indonesia ini sesungguhnya sudah dewasa menghadapi perbedaan," tambah Haedar.

Haedar menyerukan, melalui hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 H ini menjadi sebuah momentum untuk saling memaafkan dan merekatkan kembali tali persaudaraan diantara bangsa Indonesia.

"Mari jadikan Idul Fitri sebagai momentum untuk bersama-sama, umat Islam dan bangsa Indonesia menjadikan Indonesia sebagai rumah milik bersama untuk maju menjadi bangsa dan negara yang merdeka, bersatu, berdaulat adil dan makmur menuju Indonesia berkemajuan," tutupnya. (*)

Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved