Kota Yogya

Wali Kota Yogya Resmikan Pojok Baca di Masjid Diponegoro

Pojok baca Masjid Diponegoro yang bertempat di selasar bawah ini didesain cukup menarik dengan suasana yang nyaman tentunya.

Wali Kota Yogya Resmikan Pojok Baca di Masjid Diponegoro
istimewa
Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suryati, Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi, dan Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Yogyakarta Wahyu Hendratmoko setelah meresmikan Pojok Baca Masjid Diponegoro, Jumat (31/5/2019). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti melakukan peresmian Pojok Baca Masjid Diponegoro yang ada di Kompleks Balai Kota Yogyakarta, Jumat (31/5/2019).

Ia mengatakan bahwa layanan literasi masyarakat melalui pojok baca tersebut dikembangkan oleh Perpustakaan Kota Yogyakarta bekerjasama dengan takmir Masjid Diponegoro Balai Kota Yogyakarta.

5 Inspirasi Gaya Lebaran Ala Yaseera yang Bakal Bikin Penampilanmu Tetap Kece

"Ini merupakan manifestasi dari doa dan iqro di Masjid untuk peningkatan literasi (Doroti). Pojok baca ini diberi nama Doroti yang akan memberikan informasi baik sehingga jamaah terbuka dengan gagasan-gagasan baru," ucapnya.

Ia pun berharap, selain akan lebih memperluas jangkauan pembudayaan gemar membaca di wilayah Kota Yogyakarta juga akan mendukung pembangunan Yogyakarta Smart City.

"Jemaah yang telah menjalankan salat di Masjid dapat membaca Al-Qur’an, selain itu juga punya pilihan untuk melanjutkan membaca buku dan majalah mempelajari sekaligus menambah pengetahuan Islam," tanbahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta, Wahyu Hendratmoko mengatakan bahwa proses belajar diawali dengan membaca, kemampuan membaca membawa terwujudnya masyarakat pembelajar (learning society).

Wali Kota Lantik Kepala Dinas di Lingkungan Pemkot Yogyakarta

"Membaca juga dapat dilakukan di mana saja tanpa tanpa batasan tempat dan juga waktu. Begitupula aktivitas berdoa dan belajar dapat seiring sejalan dan saling menguatkan satu sama lain. Termasuk menyelenggarakan pojok baca di Masjid Diponegoro ini adalah salah satu upayanya," bebernya.

Pojok baca Masjid Diponegoro, lanjutnya, yang bertempat di selasar bawah ini didesain cukup menarik dengan suasana yang nyaman tentunya.

Berbagai majalah, tabloid dan tentunya buku-buku bernuansa Islam disediakan untuk memanjaakan jamaah Masjid Diponegoro menikmati sajian informasi.

"Pojok baca masjid Diponegoro rencananya akan mulai difungsikan penggunaannya pada Rabu 22 Mei 2019. Bersamaan momentum dengan bulan Ramadan diharapkan kehadirannya mampu menebar kebaikan dan membawa manfaat untuk menumbuhkan kebiasaan membaca, sehingga nantinya turut menjadi bagian dari terwujudnya bangsa Indonesia yang cerdas," pungkas Wahyu pada Tribunjogja.com.(*)

Penulis: kur
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved