Yogyakarta

Pemda DIY Larang Pejabat Gunakan Mobil Dinas Untuk Mudik

Pemerintah Provinsi DIY telah mengeluarkan surat edaran (SE) terkait larangan penggunaan mobil dinas untuk mudik Lebaran.

Pemda DIY Larang Pejabat Gunakan Mobil Dinas Untuk Mudik
Tribunjogja/ Agung Ismianto
Sekda DIY, Gatot Saptadi 

TRIBUNJOGJA.COM - Pemerintah Provinsi DIY telah mengeluarkan surat edaran (SE) terkait larangan penggunaan mobil dinas untuk mudik Lebaran.

Selain itu, Pegawai Negeri Sipil (PNS) juga tidak boleh menerima parsel Lebaran dari pihak yang bersinggungan dengan kepentingan pelayanan masyarakat.

"Kami sudah mengeluarkan himbauan tiga hari lalu melalui SE. Ini juga didasari pada himbauan Mendagri, KPK, dan MenpanRB, " jelas Sekda DIY, Gatot Saptadi, Jumat (31/5/2019).

Menurut Gatot, penggunaan kendaraan dinas sepatutnya memang ditujukan untuk operasional kedinasan. Sehingga, jika digunakan untuk keperluan pribadi seperti mudik di luar kota dan keperluan lainnya tidak sepantasnya.

Bupati Sleman Melarang ASN Pakai Mobil Dinas untuk Mudik

Bupati Bantul Izinkan ASN Mudik Pakai Mobil Dinas, Tapi Syaratnya Paling Jauh Hanya ke Jawa Tengah

"Secara logis janganlah pakai kendaraan dinas untuk keperluan pribadi. Esensi larangan ini pun tidak hanya pada saat Lebaran, namun juga hari lain," katanya.

Dia menyebutkan, keluarnya SE soal penggunaan kendaraan dinas ini harus disikapi secara bijaksana. Jika ada pejabat yang mempertanyakan penggunaan mobil dinas di dalam DIY, Gatot menyerahkan sepenuhnya ke hati nurani masing-masing.

"Kalau ada yang bertanya masak di Gunungkidul saja tidak boleh, monggo disikapi bijak dari hati saja. Lain-lain Lebaran pun jangan sampai dimanfaatkan untuk kepentingan pribadi, "tegasnya.

Adapun untuk kebijakan kendaraan dinas di masing-masing Kabupaten/Kota, pihaknya menyerahkan kepada Pemerintah daerah masing-masing. (Tribunjogja I Agung Ismiyanto)

Penulis: ais
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved