Lifestyle

Manfaat Silaturahmi di saat Lebaran

Berdasarkan hasil ini, diketahui bahwa terdapat hubungan kuat antara kesehatan mental dan kondisi fisik seseorang.

Manfaat Silaturahmi di saat Lebaran
pegi-pegi
Ilustrasi Lebaran 

TRIBUNJOGJA.COM – Momen mudik ini dapat dijadikan sebagai awal untuk menjaga hubungan baik dengan orang-orang yang Anda kenal namun jarang bertemu karena kepadatan aktivitas.

Pasalnya, studi menemukan bahwa hubungan baik dan koneksi sosial berperan besar bagi kesehatan, baik fisik maupun mental.

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh University of Carolina, individu yang memiliki relasi sosial kuat cenderung lebih sehat dan berisiko rendah untuk mengalami berbagai penyakit.

Sebaliknya, individu yang merasa terisolasi memiliki risiko tinggi dan rentan terhadap gangguan kesehatan.

Hal ini berlaku bagi seluruh kalangan, mulai dari remaja hingga manula.

Polda DIY Gelar Silaturahmi dan Bukber, Kapolda Ingatkan Jangan Sebar Berita Hoax

Sebagai contoh, orang tua berusia 57-91 tahun yang mengalami isolasi sosial memiliki risiko tekanan darah tinggi sebesar dua kali lipat dibanding mereka yang tidak merasakan isolasi.

Hal ini dapat memicu kemunculan penyakit lain terkait tekanan darah, seperti diabetes dan penyakit jantung.

Contoh lain, remaja dalam rentang usia 12-18 tahun yang merasakan isolasi sosial memiliki risiko 27 persen lebih tinggi untuk mengalami inflamasi kronis.

Hal ini juga berkaitan dengan tingkat aktivitas fisik harian, karena remaja yang mengalami isolasi umumnya tidak banyak menghabiskan waktu untuk aktivitas fisik intens.

“Temuan ini penting untuk dapat mendorong seseorang untuk membangun hubungan sosial yang baik dan luas, serta meningkatkan kemampuan sosial. Berinteraksi dengan banyak orang sama pentingnya dengan mengonsumsi makanan sehat dan melakukan aktivitas fisik,” ujar Yang Claire Yang, peneliti University of North Carolina seperti dilansir dari Live Science.

Halaman
123
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved