Ramadan

Keistimewaan Malam Lailatul Qodar dan Cara Mendapatkannya

Malam Lailatul Qadar adalah saat yang istimewa pada bulan Ramadan. Berikut Cara Mendapatkannya

Keistimewaan Malam Lailatul Qodar dan Cara Mendapatkannya
Istimewa
Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN Sunan Kalijaga Dr. H. Waryono Abdul Ghafur, M.Ag

TRIBUNJOGJA.COM -- Malam Lailatul Qadar adalah saat yang istimewa pada bulan Ramadan. Dalam kitab Al-Quran, datangnya malam tersebut digambarkan lebih baik dari seribu bulan.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN Sunan Kalijaga Dr. H. Waryono Abdul Ghafur, M.Ag mengatakan Nabi Muhammad SAW sangat memuliakan malam Lailatul Qadar. Karena malam itu merupakan malam keistimewaan di bulan Ramadan.

Apabila merujuk pada surat Al-Qadar, satu di antara keistimewaan yang ada pada malam Lailatul Qadar adalah malam dimana Allah SWT menurunkan kitab suci Al-quran.

Bersihkan Rumah Sebelum Lebaran, Perhatikan Beberapa Hal Berikut

Maka beruntung, bagi orang Islam berhasil menjumpai malam Lailatul Qadar. Malam penuh berkah dan ampunan.

"Datangnya malam Lailatul Qadar ini dirahasiakan oleh Allah SWT. Supaya umat Islam jangan SKS [sistem kebut semalam]. Butuh persiapan untuk bisa menyambutnya," kata dia.

Persiapan untuk menyambut malam Lailatul Qodar di antaranya dengan melaksanakan salat tarawih secara komplit, rutin menjalankan salat sunnah, perbanyak pengabdian kepada masyarakat dan tak pernah ketinggalan membaca kitab Alquran.

Masjid Unik Ini Lokasinya di Dalam Perut Bumi, Letaknya pada Kedalaman 1.700 Meter

"Intinya, kalau ingin menjemput pahala maka perbanyaklah amaliyah. Berusaha untuk menjadi lebih baik," terangnya.

Meskipun kedatangan malam Lailatul Qadar dirahasiakan oleh Allah, namun, kata Waryono ada sejumlah ciri-ciri alamiah yang bisa menjadi tanda kemunculan malam Lailatul Qadar.

Tanda alam tersebut antara lain, bulan berwarna kuning, suasana terasa hening, damai. Awan di langit tidak cerah dan tidak juga mendung. "Malam itu angin berhembus semilir, sejuk. Tenang," ungkapnya.

Jika mendapati tanda alamiah tersebut, menurut dia sebaiknya lekas beribadah. Mendekatkan diri kepada Allah. Salat sunah Lailatul Qadar dua rakaat. "Dilakukan pada sepertiga malam," tutur Waryono. (Tribunjogja I Ahmad Syarifudin)

Penulis: Ahmad Syarifudin
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved