Nasional

PP Muhammadiyah Sebut Parpol Punya Tanggung Jawab Jika Bangsa Retak Pasca-Pemilu

PP Muhammadiyah menilai partai politik dan elit yang berada di senayan memiliki tanggung jawab terhadap keutuhan bangsa dan negara

PP Muhammadiyah Sebut Parpol Punya Tanggung Jawab Jika Bangsa Retak Pasca-Pemilu
TRIBUNJOGJA.COM / Wahyu Setiawan
Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir saat berbicara kepada pers dalam silaturahim bersama awak media di Kantor Pusat PP Muhammadiyah Yogyakarta, Kamis (30/5/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - PP Muhammadiyah menilai partai politik dan elit yang berada di senayan memiliki tanggung jawab terhadap keutuhan bangsa dan negara pasca selesainya pemilu 2019.

Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir menyebutkan apabila terjadi keretakan di tengah masyarakat pasca pesta demokrasi, pihak yang memiliki tanggung jawab pertama kali ialah partai politik.

"Kita dorong setelah pemilu ini partai politik bertanggung jawablah untuk ikut membangun bangsa dan negara ini," kata Haedar disela buka bersama awak media di Kantor Pusat PP Muhammadiyah Yogyakarta, Kamis (30/5/2019) sore.

Hadapi Dinamika Kebangsaan dan Perubahan Era, Haedar Nashir Beberkan 10 Sifat Muhammadiyah

"(Parpol) jangan hanya nyebar kontestasi tapi setelah itu tidak tanggung jawab. Kalau ada retak di bangsa ya harus tanggung jawab," tandasnya.

Haedar juga menyoroti maraknya masalah-masalah terkait liberalisasi, ekonomi, sosial dan budaya yang saat ini banyak diproduksi.

Menurutnya, hal tersebut menjadi tanggung jawab sosok-sosok yang berada di Senayan (anggota DPR).

"Sesungguhnya yang di senayan yang bertanggung jawab itu. Sejak dari Undang-undang sampai amandemen UUD 45 kan yang bertanggung jawab yang di senayan," beber Haedar.

PP Muhammadiyah Minta Tidak Perlu Ada Pengerahan Massa ke Jakarta

Namun demikian, Haedar mengajak seluruh komponen bangsa dan negara untuk bersama-sama membenahi masalah yang tengah dihadapi bangsa ini.

Terlebih pasca-pesta demokrasi. Ia berharap usai pesta ini rakyat dan parpol semakin dewasa dalam berpolitik dan bernegara berbangsa.

"Kita ajaklah semua bagaimana kekuatan politik ini setelah pemilu ini semakin bertanggung jawab untuk bagaimana negara dan bangsa ini bisa memecahkan problem-problemnya sekaligus merawat dan mengembangkan potensi yang kita miliki," tutup Haedar.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved