Jawa

Mudik ke Kota Magelang, Waspadai 2 Titik Rawan Kecelakaan Ini

Masyarakat yang hendak mudik melintasi Kota Magelang perlu waspada terhadap jalan yang rawan kecelakaan.

Mudik ke Kota Magelang, Waspadai 2 Titik Rawan Kecelakaan Ini
TRIBUNJOGJA.COM / Rendika Ferri
Pengendara sepeda motor melintas di salah satu titik rawan kecelakaan lalu lintas di simpang Trunan, Kota Magelang, Kamis (30/5/2019). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Masyarakat yang hendak mudik melintasi Kota Magelang perlu waspada terhadap jalan yang rawan kecelakaan.

Ada dua titik rawan laka, yakni di Jalan Ahmad Yani Kecamatan Magelang Utara dan Jalan Jenderal Sudirman Magelang Selatan.

"Para pemudik perlu waspada saat melintasi dua jalan ini, yakni Jalan Ahmad Yani Kecamatan Magelang Utara dan Jalan Jenderal Sudirman Magelang Selatan. Jalan tersebut adalah jalan yang rawan kecelakaan lalu lintas," ujar Kasatlantas Polres Magelang Kota, AKP Marwanto pada Tribunjogja.com, Kamis (20/5/2019).

5 Inspirasi Gaya Lebaran Ala Yaseera yang Bakal Bikin Penampilanmu Tetap Kece

Marwanto mengatakan, kedua wilayah tersebut memiliki kerawanan masing-masing.

Jalan A Yani misalnya, jalan ini memiliki anatomi jalan lebar, terdapat empat lajur dua jalur, tidak adanya pembatas jalan/median.

Banyak kendaraan berat yang melintas, serta terdapat jalan gang untuk keluar masuk kampung.

Selain itu, Jalan Jenderal Sudirman memiliki anatomi jalan lebar, jalan licin jika musim hujan, terdapat dua jalur empat lajur yaitu Simpang Trio-Pasar Gotong Royong, terdapat satu jalur tiga lajur yakni Karanggading-Pasar Gotong Royong.

"Jalan ini juga terdapat parkir di bahu jalan, dan juga terdapat jalan gang untuk keluar masuk kampung, membuat rawan terjadi kecelakaan,” kata Marwanto.

MUDIK 2019 : Astra Motor Yogyakarta Siapkan Dua Posko Bale Santai Honda

Untuk jalur rawan kemacetan, yakni Jalan Urip Sumoharjo atau simpang Canguk.

Kondisi di Jalan Urip Sumoharjo, kemacetan berpotensi terjadi karena adanya persimpangan tidak simetris, jalan menanjak, penyempitan jalan, dan terdapat pangkalan angkot.

Sementara untuk jalur rawan bencana, yakni di Jalan Sentot Alibasah dan Jalan Bandongan-Trasan.

Kedua jalan ini rawan longsor dengan kontur jalan yang tajam menanjak dan berkelok dan melintas Kali Progo, juga berpotensi adanya aliran hujan yang deras.

“Untuk itu kami minta para pemudik yang melintas harus hati-hati dan sabar. Kami minta waspada ketika melintasi jalan tersebut,” ungkapnya. (*)

Penulis: rfk
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved