Ajak Pengunjung Pahami Esensi Museum Lewat Lomba Foto Ala Mahasiswa Komunikasi UAJY

Ajak Pengunjung Pahami Esensi Museum Lewat Lomba Foto Ala Mahasiswa Komunikasi UAJY

Ajak Pengunjung Pahami Esensi Museum Lewat Lomba Foto Ala Mahasiswa Komunikasi UAJY
Istimewa
Peserta kompetisi foto saat mengikuti tur mengelilingi Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) menyelenggarakan kompetisi foto 'Merekam Estetika Sejarah (Merak merah)' yang berlangsung di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta.

Kompetisi foto museum ini diselenggarakan sebagai bentuk penyelesaian tugas akhir dari Mata Kuliah Kampanye Komunikasi Strategis.

Selain itu, kompetisi ini sebagai implementasi program kampanye terhadap Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta.

ISI Siapkan SDM yang Mampu Hadapi Tantangan Era Industri 4.0

Ketua Pelaksana Kegiatan, Dicky Mahardika Putra mengatakan berdasarkan riset yang dilakukan oleh mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi UAJY, belum semua pengunjung Museum Benteng Vredeburg memahami esensi mengenai museum sebagai tempat wisata edukasi sejarah.

"Dari hasil survei kami, pengunjung hanya sekadar berwisata sambil menikmati estetika yang dimiliki musuem, namun belum sepenuhnya memahami esensi dari museum itu sebagai wisata edukasi sejarah," ujarnya pada Kamis (30/5/2019).

Berangkat dari keresahan tersebut mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi UAJY dan Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta menggelar kompetisi foto bertajuk “Travel Storytelling: Menjelajah Masa di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta”.

Rancangan Aturan Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di UGM Siap Dibahas

"Kompetisi ini menggabungkan nilai estetika museum dan nilai museum minded. Tujuannya untuk menanamkan museum minded yaitu ajakan untuk lebih melihat museum sebagai tempat wisata edukasi sejarah," lanjutnya.

Rangkaian dari kompetisi ini diawali dengan tur mengelilingi Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta.

Setelah mengikuti tur, para peserta diwajibkan untuk mengumpulkan 5-10 foto dan dan keterangan foto (caption) yang mengandung nilai museum minded melalui cerita pengalaman masing-masing peserta. (Tribunjogja I Noristera Pawestri)

Penulis: Noristera Pawestri
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved