Nasional

Fadli Zon : Upaya untuk Memudahkan Mencap Orang Makar Bagian dari Kemunduran Demokrasi

Fadli Zon : Upaya untuk Memudahkan Mencap Orang Makar Merupakan Kemunduran Demokrasi

Fadli Zon : Upaya untuk Memudahkan Mencap Orang Makar Bagian dari Kemunduran Demokrasi
IST
Kivlan Zen (bertopi) saat diberikan surat pencekalan bepegian ke luar negeri, di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (10/5/2019) 

TRIBUNJOGJA.COM - Bareskrim Mabes Polri menetapkan mantan Kepala Staf Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat Mayjen TNI (Purn) Kivlan Zen sebagai tersangka kasus penyebaran berita bohong dan makar.

Penetapan tersebut pun mengundang reaksi dari politikus Partai Gerindra, Fadli Zon.

Politikus yang menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Partai Gerindra tersebut mengkritik penetapan tersangka terhadap mantan Kivlan Zen.

Menurut Fadli, itu merupakan bentuk kemunduran demokrasi.

"Menurut saya upaya-upaya untuk memudahkan mencap orang makar ini bagian dari kemunduran demokrasi," ujar Fadli di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (28/5/2019).

Fadli sudah menyampaikan berkali-kali bahwa makar merupakan upaya menjatuhkan pemerintahan yang sah dengan kekerasan.

Jika hanya sebatas kritik atau ucapan, tidak bisa dikategorikan sebagai makar. Dia merasa miris jika pasal makar ini terus menerus digunakan untuk memenjarakan seseorang.

Kivlan Zen Ditetapkan Sebagai Tersangka Kasus Makar

"Penggunaan pasal makar ini kalau diteruskan itu menjadikan Indonesia bukan lagi negara demokrasi," ujar Fadli.

Sebelumnya, Kivlan dilaporkan oleh seseorang bernama Jalaludin asal Serang, Banten dengan nomor laporan LP/B/0442/V/2019/Bareskrim.

Perkara yang dilaporkan adalah tindak pidana penyebaran berita bohong (hoaks) UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang KUHP Pasal 14 dan/atau Pasal 15 terhadap keamanan negara/makar UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang KUHP Pasal 107 juncto Pasal 87 dan/atau Pasal 163 bis juncto Pasal 107. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Fadli Zon Kritik Penetapan Kivlan Zen Jadi Tersangka Makar", https://nasional.kompas.com/read/2019/05/28/15241431/fadli-zon-kritik-penetapan-kivlan-zen-jadi-tersangka-makar.

Editor: has
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved