Jawa

Persiapan Arus Mudik di Kota Magelang, Ratusan Armada Disiapkan

Ratusan armada angkutan disiapkan untuk mendukung arus mudik lebaran tahun 2019 di Kota Magelang.

Persiapan Arus Mudik di Kota Magelang, Ratusan Armada Disiapkan
TRIBUNJOGJA.COM / Rendika Ferri K
Petugas Dinas Perhubungan Kota Magelang mengecek kesiapan Area Traffic Control System (ATCS) di Kantor Dishub Kota Magelang, Senin (27/5/2019). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Ratusan armada angkutan disiapkan untuk mendukung arus mudik lebaran tahun 2019 di Kota Magelang.

Angkutan yang disiapkan dari bus antar kota antar propinsi (AKAP), bus antar kota dalam provinsi (AKDP), angkutan kota, angkutan perbatasan, hingga taksi.

"Kami telah menyiapkan ratusan bus mulai dari bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) hingga angkutan perbatasan. Rinciannya, bus AKAP sebanyak 265 unit, bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) 413 unit, taksi 36 unit, angkutan kota 335 unit,dan angkutan perbatasan 173 unit," ujar Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Magelang, Suryantoro, Senin (27/5/2019).

Pemudik asal Kota Magelang Kebagian Angkutan Mudik Gratis dari Kemenhub

Suryantoro mengatakan pihaknya pun telah melakukan rampcheck terhadap angkutan tersebut.

Rampcheck dilakukan untuk memastikan kelayakan armada.

Sebagian besar angkutan pun telah memenuhi standar operasional dan siap digunakan untuk mendukung arus mudik lebaran tahun 2019 ini.

"Kami sudah lakukan ramchek kendaaraan AKAP dan sebagian besar telah memenuhi standar operasional," ucapnya.

Imbas Tiket Pesawat Mahal, Agen Tiket Bus AKAP Raup Keuntungan Berlipat

Dinas Perhubungan Kota Magelang juga melakukan persiapan lainnya.

Seperti penyiapan sarana dan prasarana lalu lintas menghadapi lebaran, diantaranya Area Traffic Control System (ATCS) sebanyak 8 titik yang dipusatkan di Dishub Kota Magelang; pelican crossing di Alun-alun, Jalan Tidar, Akmil dan SMAN 4 Kota Magelang;

Ada juga Variable Message Sign (VMS) di simpang Kebonpolo dan Jalan Gatot Subroto, termasuk 21 titik halte yang sudah dilengkapi papan trayek.

"Kami siapkan sarana prasarana, kami pastikan semua dalam keadaan baik sebelum arus mudik nanti," katanya.

Agen Tiket Bus AKAP Prediksi Penumpang Mudik Melonjak Pada 29-30 Mei

Rambu-rambu juga disiapkan, seperti rambu lalu lintas 810 buah, RPPJ 26 buah, guardrail 160 m, APILL 18 unit, cermin tikung 170 buah, paku marka 275 buah, papan jalan nama 90 buah, hingga RPPJ portable 11 buah dan water barrier 15 buah.

Posko angkutan lebaran juga didirikan di lima titik, yakni di simpang Hotel Trio, Kebonpolo, Alun-alun, Terminal Tidar dan simpang Shopping. Posko dibuka mulai 29 Mei - 15 Juni 2019.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: rfk
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved