Kota Yogya

Parkir Tidak Sesuai Perda Bisa Diadukan via JSS

Terkait adanya pungutan parkir yang tidak sesuai Perda, warga dipersilahkan untuk melayangkan laporan.

Parkir Tidak Sesuai Perda Bisa Diadukan via JSS
istimewa
Diskominfosan Kota Yogyakarta Kembangkan JSS untuk Smartphone IOS 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Parkir selalu menjadi persoalan klasik di Kota Yogyakarta, terlebih saat menjelang Lebaran seperti saat ini.

Seorang warga melakukan aduan tarif parkir yang tidak sesuai kepada Pemerintah Kota Yogyakarta melalui media sosial Twitter.

Dalam aduannya tersebut, warga dengan nama Muhammad Andre Jeconia tersebut mengatakan bahwa ia dikenai tarif Rp 5 ribu untuk parkir sepeda motor di Ketandan tepatnya sisi timur Ramayana.

"Mana motor ngeluarin sendiri dan nggak dikasih karcis lagi," sebutnya.

Dua Rekomendasi Brand Fashion Lokal Kekinian

Ketika dilakukan klarifikasi, Pelaksana Tugas (PLT) Kepala Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Wirawan Ario Yudo mengatakan bahwa untuk tarif parkir, mulai dari Tepi Jalan Umum (TJU) dan Tempat Khusus Parkir (TKP).

Tarif parkir, berdasarkan Perda nomor 5 tahun 2012 tentang Retribusi Jasa Umum menyebutkan untuk tarif parkir TJU kawasan I sama dengan di kawasan II yakni untuk sepeda motor Rp 1.000 dan mobil Rp 2.000.

Sementara sesuai Perda nomor 4 tahun 2012 tentang Retribusi Jasa Usaha untuk tarif parkir TKP di kawasan I untuk sepeda motor Rp 1 ribu dan mobil Rp 2 ribu serta berlaku tarif progresif.

"Kalau TKP dan TJU sudah jelas. Namun yang sering jadi masalah yakni parkir di persil pribadi yang tarifnya masih ditentukan secara perorangan. Harapannya mereka juga bisa menaati Perda yakni tarif maksimal 2 kali TKP," tuturnya pada Tribunjogja.com, Senin (27/5/2019).

Dishubkominfo Gunungkidul Minta Pengelola Parkir Tidak Naikan Tarif Saat Lebaran Nanti

Ia pun mengatakan, bahwa seluruh juru parkir yang ada di bawah naungan Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta telah menjalani pembinaan.

Halaman
12
Penulis: kur
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved