Mudik Lebaran 2019

Persiapan Mudik, PT KAI Daop 6 Yogyakarta Siapkan Posko Lebaran

PT Kereta Api IndonesiaDaerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta menggelar apel kesiapan posko angkutan lebaran

Persiapan Mudik, PT KAI Daop 6 Yogyakarta Siapkan Posko Lebaran
Tribun Jogja/Wahyu Setiawan Nugroho
EVP Daop 6 Yogyakarta, Eko Purwanto (depan) bersama jajaran usai memimpin apel kesiapan posko angkutan lebaran 2019 di Halaman Timur Stasiun Tugu Kota Yogyakarta, Minggu (26/5/2019) pagi. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta menggelar apel kesiapan posko angkutan lebaran di Halaman Timur Stasiun Tugu Kota Yogyakarta, Minggu (26/5/2019) pagi.

Upacara gelar pasukan dilakukan bertepatan dengan hari pertama dimulainya Posko Angkutan Lebaran di PT KAI. Apel serupa juga dilakukan serentak di seluruh daop dan divre PT KAI di Indonesia.

Upacara dipimpin langsung oleh EVP Daop 6 Yogyakarta yakni Eko Purwanto. Upacara ini sekaligus mengecek kesiapan petugas baik internal maupun eksternal yang akan akan bertugas di posko tersebut.

Eko mengatakan PT KAI telah menetapkan masa Posko Angkutan Lebaran tahun 2019 selama 22 hari yakni mulai 26 Mei 2019 sampai 16 Juni 2019.

PT KAI Daop 6, kata Eko, juga akan mengerahkan seluruh pekerja untuk melaksanakan Posko Angkutan Lebaran tersebut.

Delapan Ruas Jalan Rawan Kemacetan di Yogyakarta yang Perlu Diketahui Saat Mudik Lebaran 2019

Cegah Kemacetan di Lokasi Pasar Tumpah, Dishub Bantul Minta Pedagang Mundur 2 Meter dari Bahu Jalan

Eko menjelaskan, posko daop 6 nantinya terdiri dari Posko Data, Posko Humas, Posko Kesehatan, Posko Pelayanan, Posko IT, Posko Pengamanan, serta Sub Posko di setiap stasiun.

"Agar lebih mengoptimalkan pelayanan dan keamanan masa Angkutan Lebaran ini, kami (PT KAI Daop 6) juga memperkuat personil pengamanan dari eksternal sebanyak 184 personel yang terdiri dari Polri 134 personel, TNI 38 personel dan K-9 sebanyak 12 personil," kata Eko kepada wartawan.

Selain itu, PT KAI juga menempatkan Customer Service Mobile (CSM) sebanyak 26 orang yang akan ditempatkan di 5 stasiun di wilayah Daop 6, di antaranya Stasiun Yogyakarta, Lempuyangan, Klaten, Purwosari dan Solobalapan.

Link Live Streaming Indosiar Liga 1 2019 Malam Ini, PSIS Semarang vs Persija Jakarta

Posko nantinya akan membantu pelayanan penumpang di stasiun.

Sementara itu terkait penumpang, Eko memprediksi tahun ini akan meningkat dibanding tahun sebelumnya.

"Di tahun ini, program Angkutan Lebaran 2019 sebanyak 669.416 penumpang meningkat dari tahun sebelumnya yang berjumlah 643.607 penumpang," kata Eko.

Untuk mengakomodir hal itu, PT KAI Daop 6 Yogyakarta menyediakan 8 KA tambahan di antaranya KA Argo Lawu Fakultatif, Argo Dwipangga Fakultatif, Taksaka Pagi Tambahan, Taksaka Malam Tambahan, Lodaya Pagi Tambahan, Lodaya Malam Tambahan, Sancaka Tambahan, dan Mataram Lebaran.

"Total kapasitas tempat duduk untuk KA Tambahan Lebaran berjumlah 76.398," tutup Eko. (Tribunjogja I Wahyu Setiawan Nugroho)

Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved