Mudik Lebaran 2019

Jaga Posko Lebaran, KAI Daop 6 Yogyakarta Kerahkan Anjing Pelacak

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 6 Yogyakarta mengerahkan anjing pelacak dari personil K9 Polda DIY ditambah anjing pelacak dari TNI.

Jaga Posko Lebaran, KAI Daop 6 Yogyakarta Kerahkan Anjing Pelacak
Tribun Jogja/Wahyu Setiawan Nugroho
Anjing pelacak dikerahkan untuk mengamankan arus mudik-balik 2019 di Stasiun Tugu Yogyakarta selama masa posko angkutan lebaran 26 Mei sampai 16 Juni 2019 mendatang. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 6 Yogyakarta mengerahkan anjing pelacak dari personil K9 Polda DIY ditambah anjing pelacak dari TNI.

Sedikitnya ada 12 personil yang membawa anjing pelacak. Mereka akan ikut membantu PT KAI mengamankan Posko Angkutan Lebaran 2019 di sejumlah titik.

Anjing pelacak ini nantinya akan membantu petugas keamanan untuk menyisir lokasi stasiun. Nantinya, benda-benda mencurigakan akan mampu dideteksi oleh anjing pelacak ini.

"Yang pasti kita bekerjasama dengan tim dan stakeholder lain untuk mengamankan arus mudik kali ini. Fungsinya mengamankan penumpang yang melakukan perjalanan kereta api," tutur EVP Daop 6 Yogyakarta Eko Purwanto kepada wartawan, Minggu (26/5/2019).

Ada 236 Titik Pintu Perlintasan Tak Dijaga di Wilayah Daop 6 Yogyakarta, Warga Diimbau Berhat-hati

Terkait jumlah tenaga, ribuan personil, kata Eko, dipastikan terlibat dalam posko angkutan lebaran tahun 2019 ini. Personil internal sejumlah 2.169 disiapkan. Selain itu, menambah kekuatan, pihak eksternal dilibatkan seperti Polri 134 personil, TNI 38 personil dan K9 12 personil.

Tak hanya itu, petugas medis juga disiapkan, 24 dokter akan disebar di beberapa titik posko kesehatan yang dibuka oleh PT KAI. Paramedis hingga mobil ambulan juga telah disiapkan.

"Termasuk rumah sakit rujukan kita sudah komunikasi, baik itu dengan pos kesehatan kami, klinik, kita operasionalkan selama 24 jam, ada di Solobalapan, Tugu dan sejumlah stasiun lain," tambah Eko.

Berbagai persiapan operasional dilakukan oleh PT KAI untuk kelancaran angkutan Lebaran tahun ini, diantaranya pengecekan bersama jalur KA dengan Muspida dan Muspika, penyediaan Alat Material Untuk Siaga (AMUS) dititik-titik rawan, pendeteksian secara dini kondisi jalan rel, posko daerah rawan, penjagaan ekstra pintu perlintasan rawan kecelakaan, posko keandalan jaringan komputer dan aplikasi, penyiapan regu terbang (flying gang) prasarana dan sarana yang siaga 24 jam apa bila terjadi gangguan, serta menyiapkan cadangan awak sarana KA di setiap dinasan shift.

Persiapan Mudik, PT KAI Daop 6 Yogyakarta Siapkan Posko Lebaran

Posko Daop 6 nantinya akan terdiri dari Posko Data, Posko Humas, Posko Kesehatan, Posko Pelayanan, Posko IT, Posko Pengamanan, serta Sub Posko di setiap stasiun.

"Selain itu PT KAI juga menempatkan Customer Service Mobile (CSM) sebanyak 26 orang yang akan di tempatkan di 5 stasiun di wilayah Daop 6, diantaranya Stasiun Yogyakarta, Lempuyangan, Klaten, Purwosari dan Solobalapan untuk membantu pelayanan penumpang di stasiun," paparnya. (Tribunjogja I Wahyu Setiawan Nugroho)

Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved