Sleman

Pemkab Sleman Optimis Raih Penghargaan Utama Kabupaten Layak Anak Tahun Ini

Pemkab Sleman Optimis Raih Penghargaan Utama Kabupaten Layak Anak Tahun Ini

Pemkab Sleman Optimis Raih Penghargaan Utama Kabupaten Layak Anak Tahun Ini
Tribun Jogja/Alexander Ermando
Piagam penghargaan Layak Anak kategori Madya dan Nindya yang diperoleh Kabupaten Sleman 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Kepala DP3AP2KB Sleman Mafilindati Nuraini optimis penghargaan Layak Anak tingkat utama bisa diraih pada tahun 2019 ini.

Pasalnya, Linda mengatakan pihaknya sudah gencar mengupayakan agar seluruh tingkatan masyarakat dari kecamatan hingga tingkat keluarga bisa memahami konsep layak anak tersebut.

"Kami lakukan pembinaan hingga ke pelosok wilayah. Mulai dari tingkat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) hingga ke tingkat individu," kata Linda saat ditemui di ruangannya pada Kamis (23/05/2019).

Sebelumnya, Linda menyatakan bahwa Desa Layak Anak di Sleman sudah mencapai 100 persen. Selain itu 70 sekolah tingkat SD-SMP sudah berstatus Ramah Anak (SRA). Saat ini ia mengupayakan 458 sekolah lainnya mendapatkan status yang sama.

Seluruh Desa di Kabupaten Sleman Ditetapkan jadi Kawasan Layak Anak

Pembangunan fisik juga dilakukan, seperti tiap pemukiman diwajibkan memiliki ruang bermain anak. Tiap desa pun didorong agar menjadi Kawasan Tanpa Rokok (KTR), seperti yang dilakukan Desa Widodomartani, Ngemplak belum lama ini.

"Tiap desa kami wajibkan untuk membuat forum anak, yang berfungsi sebagai ruang penyampaian pendapat bagi mereka," jelas Linda.

Menurut Linda, saat ini baru 48 persen dari 86 desa yang memiliki forum anak. Namun tiap desa sudah berkomitmen untuk membentuk Satgas Perlindungan Perempuan dan Anak.

Asik Berjudi di Rumah Kosong, PNS di Purworejo Digrebek Polisi, Petugas Amankan Uang Rp225 Ribu

Komitmen tersebut tertuang dalam Peraturan Desa (Perdes) masing-masing, di mana anggaran untuk operasional satgas pun turut diatur.

Linda mengatakan jika berhasil mendapat penghargaan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) RI, maka Sleman menjadi daerah ke-3 di Indonesia yang berstatus Layak Anak tingkat Utama.

"Sleman nantinya akan sejajar dengan Solo dan Surabaya, yang sudah mendapatkan penghargaan serupa," katanya. (Tribunjogja I Alexander Ermando)

Penulis: Alexander Aprita
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved