Gunungkidul

Pemkab Gunungkidul Larang Ternak dari Daerah Positif Antraks Keluar Daerah

Hal tersebut dilakukan mengingat daerah Grogol merupakan jalur yang digunakan menuju pasar hewan baik itu pasar hewan Siyono atau Semanu.

Pemkab Gunungkidul Larang Ternak dari Daerah Positif Antraks Keluar Daerah
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Gunungkidul 

Laporan Reporter Tribunjogja Wisang Seto Pangaribowo

TRIBUNJOGJA.COM,GUNUNGKIDUL - Rapat gabungan antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Gunungkidul untuk mengatasi penyebaran spora antraks di Kabupaten Gunungkidul.

Hasil dari rapat tersebut satu diantaranya adalah memblokade total hewan-hewan ternak yang berasal dari RT 3 Grogol 4, Dusun Bejiharho, Kecamatan Karangmojo sebelum dilakukan vaksinasi terhadap hewan ternak, seperti sapi, kambing, dan domba.

Hal tersebut diutarakan, Asisten 2 Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah, Gunungkidul Azman latief, Kamis (23/5/2019).

Terkait Antraks, Dinkes DIY: Masyarakat Tak Perlu Panik, Kami sudah Bergerak

"Untuk mengatasi agar Anthraks tidak menyebar ada beberapa yang harus dilakukan yang pertama adalah melokalisir tempat itu sehingga lalu lintas ternak akan dilarang melalui tempat itu. Kami sudah koordinasi dengan dinas perhubungan untuk membuat aturannya jadi lalu lintas ternak akan dilewatkan melalui jalur lainnya," jelasnya.

Hal tersebut dilakukan mengingat daerah Grogol merupakan jalur yang digunakan menuju pasar hewan baik itu pasar hewan Siyono atau Semanu.

Selain itu pihaknya sudah memanggil pihak kecamatan untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat.

"Bahkan dalam sosialisasi terseebut juga akan diterangkan bagaimana cara agar tidak terkena antraks. Kemudian kita juga akan melakukan pendanaan karena setelah adanya anthraks ini perlu adanya penanganan hingga sepuluh tahun kedepan karena harus ada vaksinasi satu tahun dua kali," paparnya.

Kasus Antraks di Gunung Kidul, Pemkab Kulon Progo Perketat Pengawasan Lalu Lintas Hewan Ternak

Menurutnya adanya ditemukannya anthraks di Gunungkidul harus menjadi prioritas Pemkab Gunungkidul karena Gunungkidul sendiri merupakan gudang ternak.

Ditambah lagi, saat ini mendekati hari raya Idul Fitri disusul dengan Idul Adha.

Halaman
12
Penulis: Wisang Seto Pangaribowo
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved