Bisnis

Hotel dan Restoran di DIY Siapkan Strategi Hadapi Libur Lebaran

Untuk mempersiapkan liburan Lebaran ini dari PHRI setiap minggunya mengadakan rapat koordinasi dengan cara buka bersama secara bergilir di salah satu

Hotel dan Restoran di DIY Siapkan Strategi Hadapi Libur Lebaran
IST
Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) BPD Yogyakarta Istidjab M Danunagoro. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Untuk menghadapi libur lebaran, yang kurang dari dua minggu lagi, hotel dan restoran di DIY telah menyiapkan berbagai strategi untuk bisa menarik para pengunjung.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY, Istidjab M Danunegoro mengatakan tingginya tiket pesawat ditakutkan akan mengurangi jumlah wisatawan untuk ke DIY, yang mana hal tersebut juga pasti berdampak pada income Hotel dan Restauran yang ada di DIY.

Oleh karenanya, berbagai strategi sudah disiapkan, seperti memberikan paket penginapan bersama dengan menu syawal, memberikan diskon, membuat paket menginap selama dua malam.

Hotel Santika Berbagi dengan Anak-Anak di Kawasan Kali Code

Bukan hanya itu, untuk menaikkan pendapatan, dari Ramadan ini pihak Hotel dan Restoran sudah memberikan berbagai macam paket, seperti paket buka bersama, maupun diskon hotel dari mulai 50-60%.

"Kita kalau lebaran termasuk high season. Namun karena masih ada imbas tiket mahal, kita tidak berani menaikan harga. Cara menarik pengunjung kita dengan strategi-strategi tadi. Di bulan puasa ini kan termasuk low season, jadi kita juga sudah melakukan berbagai strategi," ungkapnya.

Antisipasi Maraknya Parkir Liar Saat Libur Lebaran, Dinas Perhubungan DIY Siapkan Lahan Eks STIKers

Selain strategi diatas, pada saat libur lebaran hotel dan restoran di DIY juga ada yang memberlakukan booking kamar dengan cara di muka, hal tersebut untuk menghindari pembatalan penyewaan pada hari H.

"Diharuskan sewa kamar di muka, jadi harus bayar duluan, karena kalau tidak bayar duluan tidak diberi kamar. Karena takutnya booking tapi tidak datang. Booking boleh tapi konfirmasi harus dengan membayar di muka," jelasnya.

Dia menerangkan untuk mempersiapkan liburan Lebaran ini dari PHRI setiap minggunya mengadakan rapat koordinasi dengan cara buka bersama secara bergilir di salah satu hotel.

PHRI DIY: DIY Harus Optimis Bisa Saingi Bali

Untuk hotel-hotel yang biasanya banyak pengunjungnya adalah hotel-hotel yang berada di ring 1, yang ada di kawasan Malioboro.

Sedangkan untuk hotel dan homestay yang ada di ring 4, seperti di Kaliurang, dari PHRI juga sudah melakukan upaya bersama untuk menarik pengunjung agar mau menginap di hotel maupun homestay yang ada di ring 4.

"Ring empat itu di Kaliurang atas, biasanya terakhir. Kita sepakat biasanya kan pengunjung booking hotel yang bintang 3-4, tapi kita bantu juga homestay bersama warga, kita bina agar memberikan pelayanan dengan baik, kamar bersih, bisa ngopi, bisa bercengkrama," ungkapnya. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Siti Umaiyah
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved