Wakil Wali Kota Yogya Minta Pedagang di Pasar Tradisional Berikan Kembalian Uang Baru ke Pembeli

Wakil Wali Kota Yogya Minta Pedagang di Pasar Tradisional Berikan Kembalian Uang Baru ke Pembeli

Wakil Wali Kota Yogya Minta Pedagang di Pasar Tradisional Berikan Kembalian Uang Baru ke Pembeli
Tribun Jogja/Hasan Sakri
Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi menandatangi deklarasi Program Kawasan Bebas Uang Lusuh di pasar Beringharjo, Kota Yogyakarta, Rabu (22/5/2019). Bank Indonesia menggandeng Pemkot Yogyakarta beserta Bank Mandiri dan Bank Jogja membuat program kawasan bebas uang lusuh di pasar Beringharjo yang bertujuan meminimalisir peredaran penyakit dari keberadaan uang lusuh. Uang lusuh nantinya dapat ditukarkan melalui para agen dengan uang yang baru. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi meminta pedagang Pasar Beringharjo untuk memulai budaya memberikan uang kembalian kepada pembeli dengan uang baru, bukan dengan uang lusuh.

Hal tersebut disampaikan dalam sambutannya ketika melakukan Peresmian Pasar Kawasan Bebas Uang Lusuh (Pa' Kabul) Pasar Beringharjo, Rabu (22/5/2019).

"Kalau selama ini biasanya untuk memberikan uang kembalian didahulukan dengan uang yang jelek-jelek dulu, sekarang sudah tidak. Uang lusuhnya disimpan untuk ditukar, dan uang barunya diberikan untuk kembalian pembeli," bebernya.

BI dan Pemkot Yogya Resmikan Pa Kabul di Pasar Beringharjo,Tempat Tukar Uang Lusuh dengan Uang Baru

Ia menegaskan bahwa keberadaan Pa' Kabul sangat penting untuk memudahkan pedagang menukarkan uangnya.

Namun, selain ditukar dengan yang baru, cara penyimpanan yang baik dan benar juga perlu diterapkan agar uang baru tersebut tidak lantas berubah menjadi lusuh.

"Nanti setelah uang ditukar, bisa pakai tas selempang yang khusus untuk menempatkan uang tersebut sehingga tidak bercampur kotoran maupun keringat," tambahnya. (Tribunjogja I Kurniatul Hidayah)

Penulis: kur
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved