Gunungkidul

Setahun Jalani Rehabilitasi, Arimbi dan Tetuko Akhirnya Kembali ke Alam Liar

BKSDA DIY melakukan perilisan dua ekor burung Elang Bido dan Elang Alap Jambul di kawasan Stasiun Flora Fauna Taman Hutan Raya Bunder

Setahun Jalani Rehabilitasi, Arimbi dan Tetuko Akhirnya Kembali ke Alam Liar
TRIBUNJOGJA.COM / Wisang Seto P
Petugas BKSDA saat naik ke kandang elang bido untuk membuka pintu kandang yang berada di atas, Senin (5/11/2018). 

TRIBUNJOGJA.COM,GUNUNGKIDUL - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) DIY melakukan perilisan dua ekor burung Elang Bido ( Spilornischeela) dan Elang Alap Jambul (Accipiter trivigatus) di kawasan Stasiun Flora Fauna Taman Hutan Raya (Tahura) Bunder , Rabu (22/5/2019).

Kepala BKSDA DIY, Junita Parjanti mengatakan kedua burung yang dilepas liarkan tersebut sebelumnya didapat dari masyarakat.

Elang Bido ( Spilornischeela) berjenis kelamin betina yang dinamai Arimbi tersebut sebelumnya direhabilitasi sejak April 2018 lalu di kandang yang ada di  Stasiun Flora Fauna Taman Hutan Raya.

Ketika Tupai Memakan Ular Hidup-hidup

Sementara Elang Alap Jambul (Accipiter trivigatus) berjenis kelamin jantan yang diberi nama Tetuko direhabilitasi sejak Mei 2019.

Setelah hampir setahun menjalani karantina untuk mengembalikan naluri alamiahnya, kedua elang tersebut dinyatakan sudah siap untuk dikembalikan ke alam.

"Karantina tersebut untuk menumbuhkan sifat liar dari kedua burung itu karena jika satwa liar terlalu lama dipelihara maka sifat liarnya akan memudar dan menjadi ketergantungan kepada pemeliharanya," ucapnya.

Ini Lho, Perbedaan Lebah dan Tawon

Setelah melalui serangkaian tahapan, akhirnya pada Rabu (22/5/2019), kedua elang tersebut dilepas liarkan ke alam.

Melalui pelepas liaran dua ekor elang ini, Junita berharap keberadaan burung pemangsa tersebut tetap lestari dan tidak punah.

Kepada masyarakat, Junita juga berpesan untuk mengentikan perburuan satwa-satwa liar yang hampir punah. (Tribunjogja I Wisang Seto Pangaribowo)

Penulis: Wisang Seto Pangaribowo
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved