Kota Yogya

KPU Kota Yogya Pastikan Gaji PPS Diberikan Setelah SPJ Clear

KPU Kota Yogya Pastikan Gaji Panitia Pemungutan Suara Diberikan Setelah SPJ Clear

KPU Kota Yogya Pastikan Gaji PPS Diberikan Setelah SPJ Clear
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Kota Yogya 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Belum semua Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Kota Yogyakarta menerima honor sebagai petugas pemungutan suara dalam Pemilu 2019 lalu.

Seperti yang diketahui, bahwa gaji untuk Ketua PPS adalah Rp 900 ribu per bulan sementara anggota PPS Rp 850 ribu per bulan. Gaji tersebut diterimakan setiap bulan sejak pelantikan yang dilakukan pada Maret 2018 lalu.

Ketua PPS Demangan, Heri Cahyono mengatakan bahwa uang tersebut juga pernah diberikan secara rapel atau digabung, pernah di awal bulan maupun di akhir bulan.

"Gaji Mei belum. Biasanya lancar diberikan antara tanggal 1-10 tiap bulan. Ini kabarnya mundur karena KPPS di TPS kelurahan yang lain yang belum lengkap mengumpulkan SPJ (Surat Pertanggungjawaban)," ujarnya, Rabu (22/5/2019).

Siapa Dalang Kericuhan Aksi 22 Mei, Terungkap dari Hasil Investigasi, Aparat Akan Tindak Tegas

Polda DIY Pastikan Situasi DIY Masih Kondusif Hingga Saat Ini

Disinggung terkait keuangan lebih lanjut, Heri enggan berkomentar. Pasalnya ia mengaku mendaftarkan diri sebagai PPS bukan dengan motif ekonomi melainkan untuk pengabdian.

"Saya bersedia menjadi PPS cuma ingin Pemilu di Kelurahan Demangan bisa berjalan lancar. Kewajiban saya karena saya warga Kelurahan Demangan," bebernya.

Sementara itu, ketika dikonfirmasi Komisioner Bidang Data dan Informasi KPU Kota Yogyakarta, Siti Nurhayati menjelaskan bahwa gaji diberikan setelah SPJ diserahkan.

SPJ diberikan setiap akhir bulan lantas awal bulan berikutnya adalah waktu untuk memberikan gaji bulan lalu.

"Perjanjian di SPJ ini terkait dengam anggaran pemerintah. Sebelum menurunkan anggaran bulan sebelumnya harus sudah beres SPJ-nya," ucapnya. (Tribunjogja I Kurniatul Hidayah)

Penulis: kur
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved