Kulon Progo

Area Sekitar YIA Diprediksi Muncul Kemacetan Arus Mudik Lebaran

Beberapa titik yang diwaspadai antara lain pada persimpangan jalan nasional Yogyakarta-Purworejo wilayah Temon di depan gerbang bandar.

Area Sekitar YIA Diprediksi Muncul Kemacetan Arus Mudik Lebaran
Tribunjogja.com | Singgih Wahyu N
Kondisi perkembangan pembangunan bandara YIA di Kulon Progo hingga Selasa (23/4/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Dinas Perhubungan Kulon Progo mewaspadai kepadatan arus lalu lintas di sekitar bandara baru Yogyakarta (YIA) saat arus mudik-balik Lebaran 2019.

Sejumlah sarana perlengkapan jalan juga akan dipasang untuk memperlancar arus mudik dan menunjang kenyamanan para pemudik.

Beberapa titik yang diwaspadai antara lain pada persimpangan jalan nasional Yogyakarta-Purworejo wilayah Temon di depan gerbang bandar.

Dua Rekomendasi Brand Fashion Lokal Kekinian

Dengan banyaknya kendaraan yang lalu lalang di jalur utama maupun yang akan masuk ke dalam bandara, kemacetan sangat mungkin terjadi.

Apalagi, ada penambahan jadwal penerbangan di Bandara Adisucipto Yogyakarta selama musim Lebaran yang akan dioperasikan di YIA.

Hal ini diprediksi bisa menimbulkan kepadatan arus kendaraan di titik tersebut.

Selain itu, potensi terjadinya bottle neck (leher botol) juga sangat mungkin muncul di simpang tiga Pangkalan Congot, sekitar satu kilometer arah barat dari YIA.

Pada titik tersebut, terjadi pertemuan arus kendaraan yang melintas di jalan nasional utama dengan arus kendaraan dari Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) atau Jalan Daendels.

Belum selesainya pembangunan terowongan JJLS di bawah YIA membuat seluruh arus di jalur itu akan masuk ke jalur utama Selatan melalui simpang tiga Pangkalan.

Semakin Siap, Penerbangan dan Akses Menuju YIA Bertambah

Pemantauan akan dilakukan Dishub secara intensif pada ruas itu hingga Simpang Tiga Demen, Glagah.

Halaman
123
Penulis: ing
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved