Bisnis

Ada Aksi Massa 22 Mei, KAI Juga Lakukan Rekayasa Pola Operasi

Eva Chairunisa, Senior Manager Humas Daop 1 Jakarta mengatakan langkah ini untuk mengantisipasi keterlambatan para calon penumpang KA.

Ada Aksi Massa 22 Mei, KAI Juga Lakukan Rekayasa Pola Operasi
Tribun Jabar
Ilustrasi kereta api 

TRIBUNJOGJA.COM - PT KAI Daop 1 Jakarta melakukan rekayasa pola operasi menyikapi adanya aksi massa 22 Mei di sejumlah titik di Jakarta.

Eva Chairunisa, Senior Manager Humas Daop 1 Jakarta mengatakan langkah ini untuk mengantisipasi keterlambatan para calon penumpang KA.

Rekayasa ini mengacu pada rencana penutupan jalan dan pengalihan arus lalu lintas yang akan dilakukan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya di beberapa titik di Jakarta sejak Selasa sampai dengan Rabu (21-22 Mei).

"Tentu (penutupan jalan dan pengalihan arus) berpontensi menimbulkan kemacetan di beberapa ruas jalan di Jakarta," kata Eva lewat keterangannya, Rabu (22/5/2019).

Selesaikan Pengecekan, Balai Yasa Pastikan Kereta Api Angkutan Lebaran Siap Beroperasi

Kawasan menuju Stasiun Gambir menjadi salah satu jalan pengalihan lalu lintas tersebut, dan disinyalir akan terjadi kepadatan kendaraan di area Stasiun Gambir.

Hal ini mengakibatkan calon penumpang KA terjebak macet dan kesulitan menuju Stasiun Gambir.

Rekayasa pola operasi pemberangkatan KA ini akan dilakukan pada Rabu (22/5/2019) mulai pukul 05.25 WIB sampai dengan pukul 23.00 WIB.

Berlaku mulai keberangkatan KA 20A (Argo Parahyangan) tujuan Bandung sampai dengan 7098 (Argo Parahyangan Tambahan) tujuan Bandung.

Terganjal Satu Lahan, IPL Jalur Kereta Api Kedundang ke Bandara YIA Diperkirakan Molor

Keseluruhan, ada 33 KA keberangkatan dari Stasiun Gambir, yang akan direkayasa pola operasi pemberangkatannya.

"Biasanya KA yang berangkat dari Stasiun Gambir tidak berhenti di Stasiun Jatinegara, namun khusus hari ini, KA yang berangkat dari Stasiun Gambir akan berhenti juga di stasiun Jatinegara untuk proses naik-turun penumpang," terang Eva.

Hal ini untuk memudahkan calon penumpang KA yang kesulitan menuju Stasiun Gambir karena terkena imbas kemacetan.

"Sebagai alternatif mereka bisa berangkat dari Stasiun Jatinegara dengan rekayasa pola operasi pemberangkatan ini," tambahnya.

HPJI Sebut Peran Kereta Api Dukung Penuh Akses ke YIA

Adapun sejumlah KA yang akan diberlakukan rekayasa pola operasi pemberangkatan Stasiun Gambir yang berhenti juga di Stasiun Jatinegara untuk proses naik penumpang antara lain yaitu Argo Parahyangan, Argo Parahyangan Tambahan, Argo Muria, Pangandaran, Argo Dwipangga, Argo Jati, Argo Bromo Anggrek, Tegal Bahari, Cirebon Ekspres, Bangunkarta, Argo Sindoro, Bima, Gajayana, Sembrani, Argo Lawu, Taksaka dan Purwojaya.

Maka, PT KAI Daop 1 Jakarta pun menghimbau agar calon penumpang dapat mengantisipasi dengan mengecek kembali jadwal keberangkatan KA nya dan memperkirakan waktu keberangkatan KA-nya, sehingga tidak tertinggal.

"Kita juga menyiagakan petugas untuk membantu pelayanan penumpang di sana," tutup Eva.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved