Kota Magelang

Sudah Mandiri, Tiga Keluarga di Kota Magelang Putuskan Tak Terima Lagi Bantuan Pangan Non Tunai

Sudah Mandiri, Tiga Keluarga di Kota Magelang Putuskan Tak Terima Lagi Bantuan Pangan Non Tunai

Sudah Mandiri, Tiga Keluarga di Kota Magelang Putuskan Tak Terima Lagi Bantuan Pangan Non Tunai
Dok Humas Pemkot Magelang
Penyerahan BPNT di e-Warong Candol Jagoan, Kelurahan Jurangombo Utara, Kecamatan Magelang Selatan, Kota Magelang, Selasa (21/5/2019 

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Sebanyak tiga Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kota Magelang yang semula kurang mampu, menjadi keluarga mandiri.

Dengan kesadaran, mereka pun memutuskan tak lagi menerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dari Kementerian Sosial (Kemensos).

"Mereka keluar dari program BPNT ini, karena mereka merasa sudah mandiri dan mampu. Ini langkah positif yang bisa ditiru oleh KPM lain jika sudah mampu," kata Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Magelang, Hardi Siswantono, disela penyerahan BPNT di e-Warong "Candol" Jagoan, Kelurahan Jurangombo Utara, Kecamatan Magelang Selatan, Selasa (21/5/2019).

Tiga Keluarga Kurang Mampu di Kota Magelang Lulus Terima Bantuan Non Tunai

Tiga KPM tersebut berasal dari Kelurahan Rejowinangun Selatan, Jurangombo Selatan, dan Rejowinangun Utara. Langkah mereka pun diharapkan dapat ditiru oleh keluarga penerima manfaat yang lain.

Total KPM penerima BPNT di Kota Magelang sendiri mencapai 4.161 per Mei 2019. Mereka tersebar di 17 kelurahan di Kota Magelang. Sedangkan keluarga tidak mampu yang tercatat di Data Terpadu Penanganan Fakir Miskin (DTPFM) masih sekitar 9.000 lebih.

"Setiap KPM mendapatkan bantuan sosial pangan non tunai berupa beras 8 kilogram dan telur ayam rata-rata 1 kilogram, setiap bulan. Nilainya Rp 110.000. Rata-rata KPM ada yang bekerja sebagai buruh cucian, ART, buruh serabutan, dan sebagainya," papar Hardi. (Tribunjogja I Rendika Ferri Kurniawan)

Penulis: rfk
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved