KPU Tetapkan Rekapitulasi Suara Pemilu 2019, Saksi BPN Tak Mau Tanda Tangan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) mempercepat penetapan hasil rekapitulasi suara pemilu pada Selasa (21/5/2019) dini hari. Kubu Prabowo tak mau tanda tangan

KPU Tetapkan Rekapitulasi Suara Pemilu 2019, Saksi BPN Tak Mau Tanda Tangan
Kompas.ID/Raditya Helabumi
Ketua KPU Arief Budiman menyerahkan penetapan hasil rekapitulasi nasional perolehan suara Pemilu 2019 kepada para saksi partai politik, TKN 01, BPN 02 dan Bawaslu di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (21/5/2019) dinihari. 

TRIBUNJOGJA.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mempercepat penetapan hasil rekapitulasi suara pemilu. Dari yang semula dijadwalkan Rabu (22/5/2019), penetapan dilakukan pada Selasa (21/5/2019) dini hari.

Percepatan ini dilakukan lantaran KPU telah menyelesaikan seluruh rekapitulasi suara, meliputi 34 provinsi dan 130 wilayah luar negeri. Rekap selesai dilakukan pada Senin (30/5/2019) malam.

Rekapitulasi KPU Selesai: Jokowi-Ma’ruf Menang dengan Selisih 16,5 Juta Suara

"Kalau memang sudah selesai masa kita tunda besok, kan sudah selesai," kata Ketua KPU Arief Budiman di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (21/5/2019) dini hari.

"Ya hari ini untuk hasil rekapitulasi ditetapkan hari ini," sambungnya. Provinsi terakhir yang direkap dalam rapat plenk KPU ialah Provinsi Papua.

Saksi BPN dan Koalisi Partai Tolak Tanda Tangan

Saksi pasangan calon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menolak menandatangani berita acara hasil rekapitulasi suara Pemilihan Umum 2019 yang ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Rekapitulasi ini meliputi pemilu presiden dan pemilu legislatif pada 34 provinsi dan 130 wilayah luar negeri.

Rekapitulasi KPU Selesai: Jokowi-Ma’ruf Menang di 21 Provinsi, Ini Rincian Suara Pilpres

Kisah Yuli Lestari Dukuh Pandeyan Bantul Yogyakarta yang Ditolak Warga, Ingin Patahkan Argumen

Penolakan penandatanganan berita acara dilakukan sebagai bentuk penolakan BPN terhadap hasil pilpres.

"Kami, saya Azis Subekti dan Pak Didik Haryanto sebagai saksi dari BPN 02 menyatakan menolak hasil pilpres yang telah diumumkan," kata Azis usai pembacaan hasil rekapitulasi dalam rapat pleno yang digelar di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (21/5/2019) dini hari.

Berita acara hasil rekapitulasi suara pilpres ditandatangani oleh saksi perwakilan paslon 01 Jokowi-Ma'ruf serta Ketua dan Anggota KPU.

Sementara berita acara hasil rekapitulasi suara pileg, selain ditandatangani oleh Ketua dan Anggota KPU, juga ditandatangani oleh PKB, PDI-P, Golkar, Nasdem, Garuda, PPP, PSI, Demokrat, PBB, dan PKPI.

Sedangkan saksi Gerindra, PKS, PAN, dan Berkarya memutuskan untuk tak memberikan tanda tangan. (Fitria Chusna Farisa)

.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Saksi BPN Prabowo-Sandiaga Tolak Tanda Tangani Hasil Pemilu yang Ditetapkan KPU"

Editor: iwanoganapriansyah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved