Bantul

Dishub Bantul Lakukan Ramp Check, Pastikan Angkutan Lebaran Aman dan Laik Jalan

Kegiatan ini bertujuan untuk melihat kelaikan kendaraan yang akan digunakan sebagai angkutan orang pada Lebaran 1440 H mendatang.

Dishub Bantul Lakukan Ramp Check, Pastikan Angkutan Lebaran Aman dan Laik Jalan
TRIBUNJOGJA.COM / Ahmad Syarifudin
Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul, Aris Suharyanta tengah melihat surat-surat kendaraan Bus dalam kegiatan Ramp Check di Terminal Palbapang Bantul, Selasa (20/5/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bantul bekerja sama dengan pihak kepolisian dan Satpol PP melakukan Ramp Check, atau pengecekan kendaraan.

Kegiatan ini bertujuan untuk melihat kelaikan kendaraan yang akan digunakan sebagai angkutan orang pada Lebaran 1440 H mendatang.

"Kita cek kelaikan kendaraan apakah masih sesuai dengan saat dicek kondisinya di kantor PKB (Pajak Kendaraan Bermotor) atau sudah ada perubahan. Jika ada perubahan katakanlah ban sudah tidak layak kemudian lampu ada yang mati. Kita kasih rekomendasi untuk diperbaiki," kata Kepala Dinas Perhubungan Bantul, Aris Suharyanta, saat melakukan Ramp Check di Terminal Palbapang Bantul, Selasa (21/5/2019).

Dua Rekomendasi Brand Fashion Lokal Kekinian

Melalui Ramp Check, Aris ingin mengetahui bahwa transportasi umum pengangkut orang di Bantul dalam kondisi laik jalan.

Sehingga dipastikan aman ketika nantinya digunakan sebagai angkutan umum pada arus mudik 2019 mendatang.

Dari pantauan Tribunjogja.com, satu persatu bagian kendaraan dicek, meliputi pengecekan fisik yang terdiri dari bagian roda, alat pengereman, lampu serta standar keamanan lain seperti kaca dan spion.

Selain itu, petugas juga terlihat melakukan pengecekan surat-surat kendaraan.

Menurut Aris, Ramp Check ini merupakan kegiatan rutin tahunan, terutama dilakukan pada setiap menjelang momen perayaan besar.

"Ini agenda rutin dilakukan setiap menjelang lebaran dan tahun baru," tuturnya.

Selain di Terminal Palbapang, Ramp Check juga dilakukan di persewaan kendaraan Gresika, Terminal Imogiri dan sejumlah kendaraan Jeep di tempat-tempat wisata seperti Parangtritis dan Mangunan.

Pastikan Kelaikan Angkutan Lebaran, Dishub Bantul Gelar Ramp Check Kendaraan

Halaman
12
Penulis: Ahmad Syarifudin
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved