Kota Yogyakarta

Zona Pengelolan Sampah di Taman Pintar Resmi Dibuka

Taman Pintar meresmikan Zona Pengelolaan Sampah Mandiri yang terletak di belakang Science Theatre Kompleks Taman Pintar

Zona Pengelolan Sampah di Taman Pintar Resmi Dibuka
TRIBUNJOGJA.COM / Hasan Sakri
EDUKASI PENGELOLAAN SAMPAH. Petugas menunjukkan pengelolaan sampah saat peluncuran Taman Pintar Integrated Eco Management dan Zona Pengelolaan Sampah di komplek Taman Pintar, Kota Yogyakarta, Senin (20/5/2015). Edukasi pengelolaan sampah yangbdilakukan oleh pihak Taman pintar tersbeut berfokus pada tiga gerakan oenting, konservasi air, konservasi energi listrik dan pengelolaan sampah mandiri. 

Laporan Reporter Tribun Jogja Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Taman Pintar meresmikan Zona Pengelolaan Sampah Mandiri yang terletak di belakang Science Theatre Kompleks Taman Pintar, Senin (20/5/2019).

Kepala Bidang Taman Pintar Afia Rosdiana menjelaskan bahwa dalam Zona Pengolahan Sampah Mandiri terdapat empat lokasi dengan edukasi cara mengolah sampah organik yang berlainan yaitu dengan biopori, komposter komunal, cacing, dan lalat tentara hitam atau Black Soldier Fly (BSF).

"Zona ini dibangun sebagai lokasi pengolahan sampah organik milik Taman Pintar sekaligus wahana edukasi untuk pengunjung. Setiap metode pengolahan dilengkapi dengan papan informasi yang menjelaskan proses yang digunakan. Kedepannya pengunjung dapat turut serta mempraktekkan mengolah sampahnya sendiri," bebernya.

Taman Pintar Ajak Masyarakat Olah Sampah Mandiri Melalui Zona Pengolahan Sampah

Ia menambahkan, pengunjung diharapkan mampu memahami proses pengolahan sampah organik yang sederhana dan mudah dilakukan.

"Sebanyak 60% sampah Indonesia adalah sampah organik, jika pengolahan sampahnya dapat diselesaikan sendiri maka masalah sampah akan cepat teratasi," terangnya.

Afi menjelaskan pengelolaan sampah di Taman Pintar tersebut mengandung dua tujuan.

Pertama untuk mengolah sampah yang ada di Taman Pintar agar mengurangi beban Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Piyungan yang semakin besar.

Selain itu juga untuk memberikan pengetahuan dan menularkan kebaikan mengenai pengelolaan sampah organik kepada pengunjung Taman Pintar sehingga nantinya mereka bisa menerapkannya di lingkungan tempat tinggal.

Zona Kebaikan Air di Taman Pintar Diperbarui, Dibuat Lebih Interaktif

"Volume sampah di Taman Pintar adalah 250 kilogram per hari. Ada sekitar 30 persen dari itu merupakan sampah daun. Kalau food court, karena sekarang bulan puasa, jadi banyak berkurang," ucapnya.

Halaman
123
Penulis: kur
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved