Yogyakarta International Airport

Tarik Ulur Nama Baru Bandara Internasional Yogyakarta, Tunggu Ketuk Palu Kemenhub

Angkasa Pura beberapa waktu lalu sudah menegaskan, nama bandara baru Yogyakarta di Kulon Progo adalah Bandara Internasional Yogyakarta

Editor: Iwan Al Khasni

Nama resmi bandara baru internasional Yogyakarta di Kulon Progo hingga saat ini belum ditetapkan. Kementerian Perhubungan belum mengeluarkan keputusan terkait usulan nama Yogyakarta Internasional Airport (YIA) yang sudah diajukan pemerintah daerah.

Bupati Kulon Progo, Hasto Wardoyo mengatakan Pemerintah DIY dan Pemerintah Kabupaten Kulon Progo sebelumnya memang sudah mengusulkan nama YIA ke pemerintah pusat hanya
saja hingga saat ini kemenhub belum mengeluarkan rekomendasi atau persetujuannya lebih jauh.

Kementerian memang meminta pemda untuk mengumpulkan pendapat dan persetujuan dari para tokoh masyarakat, sesepuh, hingga pemuka adat dan agama terkait nama bandara itu.

Hasto mengatakan pihaknya sudah menjalankan amanat tersebut dengan pertemuan dan buka bersama 26 orang tokoh tersebut di rumah dinasnya belum lama ini.

Pihaknya juga sudah mengajukan izin ke Gubernur DIY untuk pertemuan itu dan hasilnya akan disampaikan secepatnya.

Jadwal MotoGP 2019 Selanjutnya MotoGP Italia, Begini Karakteristik Sirkuit Mugello

"Untuk pengusulan nama baru, kami akan melampirkan semua dokumen pertemuan yang ditandatangani peserta ke Kemenhub melalui Pemerintah DIY. Secepatnya kami serahkan ke Gubernur, mudah-mudahan Senin (20/5/2019) sudah sampai di tangan Ngarso Dalem," kata Hasto, Minggu (19/5/2019).

Pengusulan nama bandara baru di Temon itu menurutnya penting karena jadi bagian dari persiapan untuk peresmiannya yang rencananya akan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo.

Dalam pertemuan itu, usulan yang muncul antara lain menggunakan nama pahlawan maupun sekadar nama tempat.

Untuk penggunaan nama pahlawan, ada yang mengusulkan nama Pangeran DIponegoro, Nyi Ageng Serang, hingga Sultan Agung.

Namun, pada opsi ini, pilihan mengerucut pada penggunaan nama Mangkubumi sebagai sosok cikal bakal Mataram sekaligus nama lain dari Sultan Hamengku Buwono I.

Sedangkan pada opsi penggunaan nama tempat, kebanyakan mengusulkan penggunaan nama Bandara International Yogyakarta (BIY) Kulon Progo, Frase ini juga dipandang selaras dengan makna alih bahasa dari Yogyakarta International Airport.

Namun, menurut Hasto secara pribadi, ada pentingnya juga ditambahkan nama pahlawan selain merujuk kepada nama tempat semata.

Hal ini menjadi bentuk penghargaan kepada jasa para pahlawan. Ia membandingkan penyebutan nama Bandara Yogyakarta, Bandara Surabaya dan lainnya dengan nama Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali.

"Karena ada rekomendasi dari Kemenhub maka sekarang kita usulkan nama bandara dengan tidak menggunakan bahasa Inggris yakni Bandara Internasional Yogyakarta (BIY) Kulonprogo. Lepas dari itu, saya mengikuti usulan dan pendapat para tokoh di Kulon Progo. Kami juga mendukung apa yang menjadi pilihan Gubernur untuk diusulkan ke kementerian," kata Hasto.

Pelaksana Tugas Sementara (PTS) General Manager YIA PT Angkasa Pura I, Agus Pandu Purnama mengatakan Pemda DIY dan Pemkab Kulon Progo sebelumnya memang telah mengusulkan nama bandara itu sebagai YIA.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved