Ini Komentar Roy Suryo Soal Banyaknya Powerbank yang Disita oleh Angkasa Pura 1

Ini Komentar Roy Suryo Soal Banyaknya Powerbank yang Disita oleh Angkasa Pura 1

Ini Komentar Roy Suryo Soal Banyaknya Powerbank yang Disita oleh Angkasa Pura 1
TRIBUNJOGJA.COM / Alexander Ermando
Airport Safety Security Senior Manager PT AP 1 Yogyakarta Muhammad Nazir menunjukkan powerbank yang akan dimusnahkan, Senin (20/05/2019) pagi 

TRIBUNJOGJA.COM - Banyaknya power bank yang tersita di Bandara Adisutjipto mendapat sorotan pakar telematika, Roy Suryo.

Ia menilai hal ini merupakan dampak ketidakpahaman masyarakat terhadap standar keselamatan saat menggunakan pesawat terbang.

"Memang regulasi International sekarang begitu, karena dikhawatirkan Tekanan dalam kabin pesawat bisa membuat efek "mengembang". Yang ujung-ujungnya PowerBank dengan kualitas tertentu (jelek) menjadi meledak. Kejadian pernah viral di salah satu Airline di China. Kalau kapasitas kecil tidak masalah, namun jika besar tentu akan berbahaya," katanya saat dihubungi Tribun Jogja, Senin (20/5/2019).

PT Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto Yogyakarta Musnahkan 326 Powerbank Sitaan dari Penumpang

Terkait banyaknya sitaan powerbank di bandara, menurut Roy bukan hanya karena kurangnya pemahaman masyarakat terkait regulasi tersebut, namun juga sosialisasi yang kurang.

Hal tersebut menjadikan masyarakat, khususnya pengguna transportasi pesawat terbang, kurang memperhatikan aturan tersebut.

Roy menyarankan masyarakat membawa powerbank dengan kapasitas yang diizinkan oleh bandara dan maskapai.

Dengan demikian, keamanan pengguna pesawat terbang lebih terjamin. Selain itu, masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas pengisian daya gawai dengan adaptor atau charger seperti yang tersedia di fasilitas umum.(Tribunjogja I Angga Purnama)

Penulis: ang
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved