Google dan Sistem Android Bakal Hentikan Akses untuk Pengguna HP Huawei

Induk usaha Google, Alphabet, bakal menghentikan dukungan mereka untuk produsen ponsel pintar terbesarkedua di dunia, Huawei.

Google dan Sistem Android Bakal Hentikan Akses untuk Pengguna HP Huawei
REUTERS
Google dan sistem Android bakal hentikan akses untuk pengguna HP Huawei 

Google dan Sistem Android Bakal Hentikan Akses untuk Pengguna Huawei 

TRIBUNJOGJA.COM- Induk usaha Google, Alphabet, bakal menghentikan dukungan mereka untuk produsen ponsel pintar terbesarkedua di dunia, Huawei. Dengan demikian perangkat baru Huawei bakal kehilangan akses untuk Google Apps.

Juru bicara Google mengatakan sampai saat ini telepon pintar Huawei masih dapat menggunakan Google Apps. Mereka juga masih  dapat mengunduh updates (pembaharuan) aplikasi yang disediakan Google.

Dilansir Tribunjogja.com dari BBC, hal ini dilakukan setelah perusahaan induk Google yakni Alphabet menangguhkan beberapa bisnis dengan Huawei, setelah pemerintahan Donald Trump memasukkan perusahaan asal China itu ke dalam daftar hitam.

Google mengatakan telah "mematuhi pesanan dan meninjau implikasinya".

Huawei mengatakan akan terus memberikan pembaruan keamanan dan layanan purna jual untuk semua produk smartphone dan tablet Huawei dan Honor yang ada yang mencakup produk-produk yang telah terjual atau masih ada di pasaran global.

"Kami akan terus membangun ekosistem perangkat lunak yang aman dan berkelanjutan, untuk memberikan pengalaman terbaik bagi semua pengguna secara global," tambahnya

Apa artinya ini bagi pengguna Huawei?
Pengguna smartphone Huawei masih bisa memperbarui aplikasi lewat layanan Google Play.

Tetapi ketika Google meluncurkan versi Android berikutnya akhir tahun ini, Huawei sudah tidak bisa mengaksesnya.

Perangkat Huawei di masa mendatang (dengan OS Android) yang rilis setelah adanya kebijakan ini akan kehilangan akses ke berbagai layanan populer. Misalnya saja akses terhadap Google Play Store, Gmail, hingga YouTube.

Huawei masih dapat menggunakan versi sistem operasi Android yang tersedia melalui lisensi sumber terbuka.

Halaman
12
Penulis: Rina Eviana
Editor: Rina Eviana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved