PP Muhammadiyah Ajak Peserta Pemilu Legowo dan Berjiwa Besar Terima Hasil Resmi KPU

PP Muhammadiyah mengajak peserta pemilu untuk siap menerima apapun hasil resmi Pemilu dari KPU

PP Muhammadiyah Ajak Peserta Pemilu Legowo dan Berjiwa Besar Terima Hasil Resmi KPU
muhammadiyah.id
Abdul Muti, Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - PP Muhammadiyah mengajak peserta pemilu untuk siap menerima apapun hasil resmi yang bakal diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

PP Muhammadiyah mengajak partai politik, para calon legislatif dan calon presiden-wakil presiden beserta para pendukungnya, agar dapat berjiwa besar, legowo, arif dan bijaksana menerima hasil resmi Pemilu mendatang.

"Itu (hasil pemilu) sebagai sebuah kenyataan dan konsekuensi dari kehendak rakyat Indonesia," kata Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Abdul Mu'ti lewat pesan singkat, Minggu (19/5/2019).

Bagi yang merasa keberatan terhadap hasil Pemilu, Mu'ti mengimbau agar peserta pemilu dapat mengajukan keberatan melalui jalur hukum dan undang-undang dengan tetap mengedepankan dan mengutamakan persatuan dan kerukunan bangsa.

Muhammadiyah menganjurkan agar semua pihak mampu dengan kepala dingin untuk menyelesaikan permasalahan pemilu dengan jalur musyawarah tanpa adanya emosi dari masing-masing pihak.

"Semua pihak, terutama para tokoh dan pemimpin bangsa untuk duduk bersama dengan pikiran yang jernih dan hati yang bersih melaksanakan musyawarah untuk menemukan solusi terbaik bagi bangsa dan negara," katanya.

"Harus ada jalan keluar terbaik yang bisa diterima semua pihak bukan zero sum game," tandasnya.

Terkait aksi 22 Mei, kepada aparatur keamanan, Muhammadiyah berharap dapat bekerja secara profesional untuk menjaga keamanan masyarakat, bangsa dan negara dengan tidak bertindak represif dan pre-emptif.

"Tetap mengutamakan pendekatan persuasif dan menghindari cara-cara militeristik agar terhindarkan dari bentrokan fisik dan jatuhnya korban jiwa," tandasnya. (*)

Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved