Bantul

Muhasabah KH Zawawi Imron di Syukuran Ulang Tahun ke-6 SMI

Social Movement Institute (SMI) menggelar perayaan ulang tahun ke-6 di Condrowangsan, Potorono, Banguntapan, Bantul, Minggu (19/5/2019).

Muhasabah KH Zawawi Imron di Syukuran Ulang Tahun ke-6 SMI
Tribun Jogja/ Sulistiono
Aktivis SMI membawakan musikalisasi puisi di acara syukuran ulang tahun ke-6 SMI di Condrowangsan, Potorono, Banguntapan, Bantul, Minggu (19/5/2019). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Sulistiono

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Social Movement Institute (SMI) menggelar perayaan ulang tahun ke-6 di Condrowangsan, Potorono, Banguntapan, Bantul, Minggu (19/5/2019).

Agenda ulang tahun ini dikemas sederhana, diakhiri berbuka puasa bersama.

Pada kesempatan ini, diisi muhasabah oleh KH D Zawawi Imron.

Pendiri SMI, Eko Prasetyo, mengungkapkan, tidak terasa perjalanan SMI sudah menginjak enam tahun.

Dua Rekomendasi Brand Fashion Lokal Kekinian

"SMI tidak mendata secara khusus siapa anggotanya. Tetapi siapa saja yang berjuang membela nilai-nilai kemanusiaan, mereka bagian dari SMI," katanya pada Tribunjogja.com.

Sementara itu, KH D. Zawawi Imron, pada kesempatan itu, mengungkapkan rasa syukur karena pertemuan dengan para aktivis SMI ini dalam keadaan lapar karena ibadah puasa.

Puasa merupakan momentum penting untuk melakukan refleksi sosial tentang kepedulian kepada masyarakat miskin yang pendapatan sehari-harinya kurang untuk mencukupi kebutuhan makan.

Di dalam Islam, kata dia, ibadah puasa itu belum akan sempurna, atau digantung pahalanya, kalau seseorang yang berpuasa tersebut belum mengeluarkan zakat.

"Zakat ini untuk dibagikan kepada masyarakat miskin," katanya.

Muhasabah KH Zawawi tak berlangsung lama.

Kumandang azan magrib pun tak terasa sudah terdengar, sehingga muhasabah diakhiri dengan aksi baca puisi oleh KH Zawawi.

Peserta syukuran SMI pun bertepuk tangan meriah tatkala KH Zawawi selesai berpuisi.

Setelah itu, seluruh peserta syukuran buka puasa bersama, menikmati hidangan yang disajikan di lokasi acara. (Tribunjogja.com)

Penulis: ino
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved