Salju Pertama di Dieng Terjadi Hari Ini, Begini Penjelasan BMKG

Fenomena embun membeku menjadi es di kawasan dataran tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, terjadi pada Sabtu (18/5/2019) pagi ini

Salju Pertama di Dieng Terjadi Hari Ini, Begini Penjelasan BMKG
DOK Dinas Pariwisata Banjarnegara
Salju Dieng atau Bun Upas, embun membeku menjadi es di komplek Candi Arjuna Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, Sabtu (1852019) pagi. 

TRIBUNJOGJA.COM - Fenomena embun membeku menjadi es di kawasan dataran tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, muncul pada saat peralihan musim hujan ke kemarau, dan puncak musim kemarau.

"Di Dieng memang acap kali muncul, terutama di musim peralihan dari musim hujan ke musim kemarau dan juga pada puncak musim kemarau. Diprediksi puncaknya pada Agustus," kata Kepala Stasiun Geofisika BMKG Banjarnegara, Setyoajie Prayoedhie, melalui keterangan tertulis, Sabtu (18/5/2019).

Setyoajie menjelaskan, fenomena yang dikenal ‘bun upas’ oleh masyarakat sekitar Dieng tersebut dinamakan dengan frost, yaitu uap air yang membeku.

"Terkait frost yang muncul di Dieng, memang kondisi topografi lokal Dieng ikut mempengaruhi. Beberapa tempat yang berada pada ketinggian, terutama di daerah pegunungan, diindikasikan akan berpeluang untuk mengalami kondisi udara permukaan kurang dari titik beku 0 derajat celcius," kata Setyoajie.

Salju Dieng atau Bun Upas
Salju Dieng atau Bun Upas ()

Hal itu disebabkan molekul udara di daerah pegunungan lebih renggang dari pada dataran rendah, sehingga sangat cepat mengalami pendinginan, khususnya pada saat cuaca cerah tidak tertutup awan atau hujan.

"Dampaknya adalah uap air di udara akan mengalami kondensasi pada malam hari dan kemudian mengembun untuk menempel jatuh di tanah, dedaunan atau rumput. Fenomena inilah yang dikenal sebagai frost atau oleh masyarakat Dieng dengan istilah bun upas," ujar Setyoajie.

Bun upas yang dikenal juga dengan Salju Dieng, menurut Setyoajie, dapat menyebabkan bibit tanaman yang baru tumbuh menjadi mati. (Fadlan Mukhtar Zain)

.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Embun di Dieng Membeku Jadi Es, Ini Penjelasan BMKG"

Editor: iwanoganapriansyah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved